Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini

Studi pada TK Diponegoro 140 Rawalo Banyumas

Authors

  • Oki Witasari IAIN Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Keywords:

Anak, karakter, permainan tradisional

Abstract

Setiap guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan karakter, namun belum semua guru menguasai metode dalam membentuk karakter anak. Penyebabnya adalah lemahnya kreativitas guru dalam membentuk karakter anak. Permainan tradisional sebenarnya dapat dijadikan oleh guru sebagai metode dalam membentuk karakter anak. Hal itu telah dilakukan oleh guru di TK Diponegoro 140 Rawalo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan karakter anak melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 Rawalo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fenomenologi dengan subjek yang diteliti yaitu kepala TK, guru, serta anak. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter anak melalui permainan tradisional di TK Diponegoro 140 rawalo dilakukan melalui tiga tahap. Pertama, pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Kedua, pemberian motivasi untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Ketiga, pemberian arahan untuk melakukan nilai-nilai kebaikan melalui permainan tradisional. Pada pelaksanaan ketiga tahapan tersebut guru bukan sekedar mendampingi dan mengajarkan cara bermain tetapi juga menjadi role model bagi anak untuk melakukan kebaikan-kebaikan saat bermain dengan permainan tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini: Studi pada TK Diponegoro 140 Rawalo Banyumas. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Issue

Section

Articles