Editorial Policies

Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Pendidikan anak usia dini dan perkembangannya tersedia secara gratis (akses terbuka) untuk semua pembaca. Artikel-artikel dalam JECED termasuk perkembangan dan penelitian dalam anak usia dini, termasuk:

Pendidikan Anak Usia Dini

  • Kurikulum anak usia dini
  • Strategi Pembelajaran anak usia dini
  • Media pembelajaran anak usia dini
  • Inovasi dalam pendidikan anak usia dini
  • Pengelolaan pendidikan anak usia dini
  • Penilaian perkembangan anak usia dini
  • Pemberdayaan lingkungan anak usia dini
  • Multiple intelegence anak usia dini
  • Pendidikan inklusif anak usia dini

Perkembangan Anak Usia Dini

  • Perkembangan nilai-nilai moral dan agama anak usia dini
  • Perkembangan motorik fisik anak usia dini
  • Perkembangan sosial emosional anak usia dini
  • Perkembangan kognitif anak usia dini
  • Perkembangan Bahasa anak usia dini
  • Perkembangan seni dan kreativitas anak usia dini
  • Pengasuhan anak usia dini

Section Policies

Comments and Criticism

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Peer Review Process

Jurnal JECED terbit secara electronic sebagai Open Journal System (OJS) sejak tahun 2019 di bawah pengelolaan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Memiliki frekuensi penerbitan dua kali setahun, yaitu periode Juni dan Desember,  seluruh artikel yang dipublikasikan melalui peer review process oleh Board of Editors dan Reviewers baik editor dan reviewer internal maupun eksternal.

Penulis dapat menyarankan maksimal 5 reviewer potensial untuk meninjau artikel mereka (harap sertakan informasi berikut, mis. Judul, nama, lembaga, alamat pos, dan alamat email). Penulis juga dapat mengusulkan reviewer yang tidak diinginkan untuk tidak meninjau artikel mereka (maksimal 5 peneliti dengan penjelasan yang masuk akal). reviewer harus memiliki ID-Scopus atau Peneliti-ID (Thomson Reuters) atau dicatat sebagai penulis pertama dalam jurnal ini dengan (minimal) gelar doktor.

Reviewer juga dapat diundang dari jurnal yang diterbitkan oleh penerbit besar seperti Elsevier atau Springer. Mereka berasal dari lembaga yang berbeda dengan penulis; lebih disukai berasal dari berbagai negara. Peninjau tidak boleh mengalami masalahyang ber kepentingan yang melibatkan penulis. Meskipun demikian, editor tidak berkewajiban untuk menggunakan reviewer yang disarankan oleh penulis.

Semua artikel yang diserahkan ke JECED akan dibaca dan ditinjau (double blind peer review) oleh (minimal) 2 reviewer yang ahli dalam bidangnya. Alur Layanan Naskah dapat dilihat di halaman ini. Editor dapat menugaskan reviewer dari rviewer JECED, saran Penulis, peneliti lain, dan / atau Anggota Editorial JECED lainnya. Penerimaan naskah tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.

Peer-Review Process dalam jurnal ini diawali dengan telaah  berkaitan dengan ketepatan pemenuhan persyaratan Author Guidelines atau panduan penulisan artikel serta review journal template oleh Board of Editors atau Dewan Redaksi baik internal maupun eksternal. Editor yang telah memiliki rekam jejak bertugas secara seksama memeriksa dan memastikan bahwa artikel yang sedang ditelaah memenuhi Author Guideline dan Template Journal. Tahap selanjutnya editor bertugas memberikan hasil penilaian dengan mengisi formulir hasil penilaian / form penilaian. Proses selanjutnya,  tim editor kemudian bertugas mengembalikan artikel sesuai hasil telaah dari Board of Editor manakala artikel masih belum memenuhi Author Guideline maupun  Template Journal untuk direvisi oleh penulis.

Dalam proses telaah oleh Editorial Team, juga dilakukan telaah berkaitan dengan pengecekan similarity dengan menggunakan Turnitin. Artikel yang telah memenuhi persyaratan proses review dari tim editor, kemudian dilanjutkan dengan proses review oleh reviewer. Editor bertugas mengirim artikel secara electronic kepada para reviewers baik reviewer internal maupun eksternal. 

Peer review process yang dilakukan oleh internal reviewer maupun external reviewer bertugas menelaah dan menilai substansi artikel, membantu penulis melalui komentar dan masukan -masukan baik yang berkaitan dengan state of arts maupun komponen substansi relevan lainnya.  Proses review dilaksanakan menggunakan single blind review dan secara bertahap menggunakan double blind review.  Proses review secara etika dilaksanakan untuk substansi artikel, kritik dan masukan dilakukan secara obyektif.  Reviewer menyajikan   pandangan serta  masukan secara jelas yang didukung oleh argumentasi  yang jelas. Kritik terhadap pribadi penulis merupakan tindakan yang tidak etis dan tidak pada tempatnya dilakukan oleh reviewer selama dalam proses me-review pada jurnal ini.

Reviewer bertugas secara detail  mengidentifikasi  relevansi dokumen hukum, konsep, teori maupun hasil studi relevan terdahulu yang digunakan penulis untuk mengkaji dan menganalisis. Reviewer juga bertugas mengidentifikasi  sumber-sumber bacaan atau hasil studi  relevan yang belum  dikutif oleh penulis.

Keseluruhan proses review dilakukan secara electronic. Setelah tahapan peer review process dari reviewers selesai, kemudian  Editor Jurnal bertugas untuk memutuskan artikel yang layak dipublikasikan, dengan mempertimbangkan hasil telaah awal dari tim editors, validitas artikel dari hasil reviewers, kemanfaatan maupun kontribusi substansi artikel dalam rangka pengembangan ilmu hukum bagi peneliti, akademisi, maupun praktisi, khususnya berkaitan dengan pengembangan substansi hukum secara lokal, nasional, maupun internasional. Tahap akhir dari peer reviewprocess adalah accepted dan copyediting dan publikasi.

Naskah dapat diterima tanpa revisi, revisi kecil, revisi besar, atau bahkan ditolak. Keputusan akhir penerimaan naskah harus dibuat oleh Dewan Editorial sesuai dengan komentar kritis reviewer. Hasil artikel yang diulas oleh viewer akan diberitahukan kepada penulis melalui email. Penulis diberi kesempatan untuk merevisi artikelnya berdasarkan saran reviwer (dan editor) selambat-lambatnya 8 minggu setelah pemberitahuan email.

Frekuensi Publikasi

Jurnal JECED (Journal of Early Childhood Educaton and Development) - Jurnal Penelitian anak usia dini dan perkembangannya - adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Surabaya dan diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri Surabaya. JECED diterbitkan secara berkala (dua kali setahun) pada bulan Juni dan Desember, di mana 7-10 artikel akan diterbitkan dalam setiap terbitan.

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa artikel penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan secara global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan di JECED adalah akses terbuka dengan mengikuti lisensi Creative Commons: Attribution-NonCommercial 4.0 International license. Full license can be found here.

Anti-plagiarism Policy

Semua artikel yang dikirim ke JECED harus merupakan karya asli penulis (bebas dari plagiarisme). Artikel yang dikirimkan tidak pernah ada di media apa pun dan / atau tidak sedang atau akan dikirimkan di media apa pun. Penulis bertanggung jawab atas keaslian naskah yang dikirimkan. Semua manuskrip yang masuk akan diperiksa keasliannya untuk mencegah plagiarisme dengan menggunakan Turnitin maksimal 25%, perangkat lunak anti-plagiarisme. Segala bentuk plagiarisme tingkat tinggi akan dilarang (sementara hingga permanen).

Internal Policy

Editor, Peer-reviewer, dan Proofreaders dari JECED diizinkan untuk mengirimkan artikel di jurnal ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Editor dan Peer-reviewer JECED yang mengirimkan artikel ke jurnal ini, maka tidak dilibatkan sementara dari proses editorial (terutama dalam naskah mereka) mulai dari saat mengirimkan artikel. Kebijakan ini masuk ke dalam keputusan publikasi artikel (diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi kecil, diterima dengan revisi besar, atau ditolak) setidaknya 1
  2. Editor dan Peer-reviewer JECED yang mengirimkan artikel tidak diizinkan untuk campur tangan dalam proses editorial pada edisi / nomor ketika artikel dikirim ke JECED.
  3. Setiap proses editorial akan dilakukan oleh Editor lainnya, Peer-reviewer sampai proses selanutnya.
  4. Tidak ada perlakuan khusus untuk Editor dan Peer-reviewer JECED yang mengirimkan artikel ke JECED.

Journal Scientific Statement

Artikel-artikel yang diterbitkan dalam JECED secara ilmiah mengikuti kode etik publikasi ilmiah. Kode etik itu sendiri menjunjung tinggi tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu, (1) Netralitas (bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan publikasi); (2) Keadilan (memberikan hak kepenulisan kepada penerima sebagai penulis); dan (3) Kejujuran (bebas dari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme) dalam publikasi. Artikel yang diterbitkan juga mengikuti prosedur atau perintah tertentu, seperti tinjauan double blind dan proses revisi yang konsisten dengan tinjauan reguler jurnal, untuk memastikan bahwa kualitasnya terjaga dengan baik.

References Management Software

Semua artikel yang dikirim ke JECED harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi (mis., Mendeley, EndNote, dan Zotero) dengan gaya kutipan APA.

Archiving

LOCKSS Open Journal Systems supports the LOCKSS (Lots of Copies Keep Stuff Safe) system to ensure a secure and permanent archive for journal content. If your journal has been accepted to archive content in the Global LOCKSS Network or participates in a Private LOCKSS Network other than the PKP PN, enable it here:
CLOCKSS Open Journal Systems also supports the CLOCKSS (Controlled Lots of Copies Keep Stuff Safe) system to ensure a secure and permanent archive for the journal. If your journal signed a contract with the CLOCKSS Archive, enable it here:

JECED disimpan dalam berbagai arsip digital untuk menjamin pelestarian digital jangka panjang. Arsip-arsip ini meliputi :

  1. Journal Google Drive
  2. Garuda (Garda Rujukan Digital)

JECED's Documents

  1. ISSN Print
  2. ISSN Online
  3. ISSN Print Statement Letter
  4. ISSN Online Statement Letter
  5. PDII LIPI Repository Obligation Letter
  6. JECED Editor Team Statement Letter
  7. JECED Publisher Statement Letter

 

Publisher
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Ampel Surabaya
Website: http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JCED
Email: jeced@uinsby.ac.id