Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Authors

  • Moh. Faizin Moh. Faizin UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Usman Yudi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Husniyatus Salamah Zainiyati UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.36-55

Keywords:

Literasi Digital, Pendidikan Agama Islam, Pengenalan Lapangan Persekolahan

Abstract

Pembekalan keterampilan literasi digital tentang kemampuan menggunakan teknologi dan informasi dari perangkat digital secara efektif dan efisien dalam pembelajaran di sekolah diajarkan dalam PLP 1. Literasi digital dalam aspek penciptaan dan penulisan pengetahuan baru ditingkatkan. dan menjadi kewajiban mahasiswa selama PLP 2 dibuktikan dengan penyerahan artikel pada jurnal yang diakui secara nasional. Hal ini juga sesuai dengan persyaratan penerbitan artikel ilmiah yang ditetapkan dalam keputusan Dikti. Diharapkan melalui penelitian ini akan terjadi sinergi antara mahasiswa dan pengambil kebijakan terhadap kurikulum PAI, jurusan keguruan dan tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tujuan untuk mendukung program literasi digital yang diambil alih oleh pemerintah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif studi kasus (case study) yang dilakukan pada mahasiswa kurikulum PAI, tarbiyah dan jurusan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kajian ini diawali dengan review literatur tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya dan kebijakan fakultas keguruan terkait literasi digital melalui program PLP. Kajian ini merupakan upaya mencari titik temu kegiatan di lapangan terkait upaya literasi digital melalui Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLP) untuk Anak mahasiswa di PAI Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Analisis kebijakan dilakukan untuk menentukan dan mengkorelasikan tujuan dan cara untuk mencapainya. Pengembangan konsep literasi digital melalui program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLP) harus dilakukan untuk mengetahui diagram alir program PLP 1 dan PLP 2 Evaluasi kinerja dilakukan dengan tiga cara, yaitu: Pertama, Pre-test dan post-test bagi siswa PAI peserta Program Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLP). Kedua, Persentase pencapaian kewajiban setiap mahasiswa untuk mengirimkan makalah hasil penelitian lapangan pada jurnal yang diakui secara nasional. Ketiga,Persentase makalah siswa yang memenuhi syarat untuk dipublikasikan di jurnal yang diakui secara nasional. Untuk menjaga keunikan penelitian ini, harus dilakukan tanpa campur tangan dari pihak tarbiyah dan keguruan UINSA, pengawas PLP, dan mahasiswa program PLP yang langsung melibatkan keluarga. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Аbrosimova, Galina Alexandrovna. “Digital Literacy And Digital Skills In University Study.” International Journal Of Higher Education 9, No. 8 (2020): 52–58.

Arslantas, Tugba Kamali, And Abdulmenaf Gul. “Digital Literacy Skills Of University Students With Visual Impairment: A Mixed-Methods Analysis.” Education And Information Technologies 27, No. 4 (2022): 5605–25.

Bawden, David. “Information And Digital Literacies: A Review Of Concepts.” Journal Of Documentation, 2001.

Carlisle, Sheena, Stanislav Ivanov, And Corné Dijkmans. “The Digital Skills Divide: Evidence From The European Tourism Industry.” Journal Of Tourism Futures, 2021.

Desi, Yolanda Presiana. “Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi Dan Strategi.” Jurnal Ilmu Komunikasi 17, No. 1 (2020): 51–59.

Dewi, Dinie Anggraeni, Solihin Ichas Hamid, Farah Annisa, Monica Oktafianti, And Pingkan Regi Genika. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu 5, No. 6 (October 20, 2021): 5249–57. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1609.

Dinata, Karsoni Berta. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19, No. 1 (2021): 105–19.

Erdoğan, Vacide. “Integrating 4c Skills Of 21st Century Into 4 Language Skills In Efl Classes.” International Journal Of Education And Research 7, No. 11 (2019): 113–24.

Faizin, M., et.al “Keterampilan Pendidik Abad 21 dalam Mengaplikasikan Pendekatan Student Centered Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” dalam EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 13(1), 2023, 1-22.

………………….., “Signifikansi Media Flipbook dalam Penguatan Literasi Peserta Didik di Sekolah” dalam Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 7, No. 2 (2023), 4290-4298.

………………….., Pancasila dan Kewarganegaraan. Surabaya: Sunan Ampel Press, 2013.

………………….., “Integrasi Pendidikan Islam dan Sains Teknologi di Lembaga Masyarakat Milenial Abad 21” dalam Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 2., 2022.

………………….., “Peran Manejemen Qolbu Bagi Guru” dalam Jurnal Tarbawi, Vol. 1 No. 1., 2012.

Gilster, Paul, And Paul Glister. Digital Literacy. Wiley Computer Pub. New York, 1997.

Hague, Cassie, And Sarah Payton. “Digital Literacy Across The Curriculum.” Curriculum Leadership 9, No. 10 (2011).

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, And Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, No. 2 (2022): 3011–24.

Julien, Heidi. “Digital Literacy In Theory And Practice.” In Encyclopedia Of Information Science And Technology, Fourth Edition, 2243–52. Igi Global, 2018.

Koyuncu, Ilhan, And Tahsin Fırat. “Investigating Reading Literacy In Pisa 2018 Assessment.” International Electronic Journal Of Elementary Education 13, No. 2 (2020): 263–75.

Kurnianingsih, Indah, Rosini Rosini, And Nita Ismayati. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, No. 1 (2017): 61–76.

Martin, Allan. “Literacies For The Digital Age: Preview Of Part 1.” Digital Literacies For Learning, 2006, 3–25.

Miller, John W, And Michael C Mckenna. World Literacy: How Countries Rank And Why It Matters. Routledge, 2016.

Mutohhari, Farid, Herminarto Sofyan, And Muhammad Nurtanto. “Technological Competencies: A Study On The Acceptance Of Digital Technology On Vocational Teachers In Indonesia,” 2021.

Ng, Wan. “Can We Teach Digital Natives Digital Literacy?” Computers & Education 59, No. 3 (2012): 1065–78.

Nikou, Shahrokh, Mark De Reuver, And Matin Mahboob Kanafi. “Workplace Literacy Skills—How Information And Digital Literacy Affect Adoption Of Digital Technology.” Journal Of Documentation 78, No. 7 (2022): 371–91.

Pitri, Rizka, And Ayu Sofia. “Factor Analysis For Increasing Reading Literacy In Indonesia.” Parameter: Journal Of Statistics 2, No. 2 (2022): 18–25.

Prayogi, Rayinda Dwi. “Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan.” Manajemen Pendidikan 14, No. 2 (2020).

Prior, Daniel D, Jason Mazanov, David Meacheam, Graham Heaslip, And James Hanson. “Attitude, Digital Literacy And Self Efficacy: Flow-On Effects For Online Learning Behavior.” The Internet And Higher Education 29 (2016): 91–97.

Putri, Intan B, Abdulloh Hamid, And Husniyatus S Zainiyati. “Examining The Effects Of Mobile Seamless Learning On Students’ Literacy,” 243–48. Atlantis Press, 2022.

Retnowati, Trie Hartiti, Djemari Mardapi, And Badrun Kartowagiran. “Kinerja Dosen Di Bidang Penelitian Dan Publikasi Ilmiah.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 6, No. 2 (2018): 215–25.

Rotherham, Andrew J, And Daniel T Willingham. “21st-Century” Skills.” American Educator 17, No. 1 (2010): 17–20.

Sadikin, Ali, And Jodion Siburian. “Analisis Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Fkip Universitas Jambi Bidang Studi Pendidikan Biologi Di Sma Pgri Jambi,” 2019.

Safitri, Ida, Sufyarma Marsidin, And Ahmad Subandi. “Analisis Kebijakan Terkait Kebijakan Literasi Digital Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, No. 2 (2020): 176–80.

Santoso, Ridwan, Berchah Pitoewas, And Yunisca Nurmalisa. “Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Sman 2 Gadingrejo.” Jurnal Kultur Demokrasi 5, No. 9 (2018).

Silvana, Hana, And Cecep Darmawan. “Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung.” Pedagogia 16, No. 2 (August 20, 2018): 146–56. Https://Doi.Org/10.17509/Pdgia.V16i2.11327.

Sudibjo, Niko, Lusiana Idawati, And Hg Retno Harsanti. “Characteristics Of Learning In The Era Of Industry 4.0 And Society 5.0,” 276–78. Atlantis Press, 2019.

Sumiati, Eti, And Wijonarko Wijonarko. “Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19.” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia 3, No. 2 (2020): 65–80.

Taufik, Taufik, Desy Indarwati, Muhammad Syahru Ahmad, And Reni Wulandari. “Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) I: Microteaching Tahun 2021,” 2021.

Vachruddin, Vrisko Putra, And Abd Rachman Assegaf. “Desain Pengembangan Media Pembelajaran Spin Microsoft Powerpoint Berbasis Literasi Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Thaharah Sekolah Menengah Kejuruan,” N.D.

Van Laar, Ester, Alexander Jam Van Deursen, Jan Agm Van Dijk, And Jos De Haan. “The Relation Between 21st-Century Skills And Digital Skills: A Systematic Literature Review.” Computers In Human Behavior 72 (2017): 577–88.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Moh. Faizin, Moh. Faizin, Usman Yudi, and Husniyatus Salamah Zainiyati. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya”. Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 2 (August 15, 2023): 36–55. Accessed May 7, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2943.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)