Manajemen Layanan Perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.28-55Keywords:
Manajemen, Layanan Perpustakaan, Kebun Buku SMANUSA.Abstract
Perpustakaan yang baik akan memberikan layanan kepada pemustaka dengan maksimal, sehingga perlu di manajemen dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen layanan perpustakaan SMA NU 1 Gresik serta faktor pendukung dan penghambatnya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana manajemen layanan perpustakaan di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik?, Dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan layanan perpustakaan di SMA NU 1 Gresik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen layanan perpustakaan di SMA NU 1 Gresik dilakukan oleh kepala perpustakaan bersama para stafnya dan dibantu oleh wali kelas . Langkah yang dilakukan yaitu dengan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, pengawasan dan evaluasi layanan perpustakaan di SMANUSA. 2) Faktor pendukung adalah kepala sekolah yang support juga fasilitas yang memadai. faktor penghambatnya adalah anggaran dana, SDM kurang kompeten, dan guru yang tidak satu tujuan. Meskipun demikian, pihak perpustakaan mempunyai solusinya, yaitu membuat proposal pengajuan dana, mengikutsertakan para staf untuk pelatihan dan melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa
Downloads
References
Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Asrohah, Hanun. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Surabaya : UINSA Press.
Basuki, Sulisty. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hamiyah, Nur dan Muhammad Jauhar. 2015. Pengantar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta : Salemba Hamanika.
Istiana, Purwani. 2014. Layanan Perpustakaan. Yogyakarta : Penerbit Ombak.
Kementrian pendidikan nasional pendidikan. 2010. Manajemen Layanan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Tut Wuri Handayani.
Lasa HS. 2016. Teknis Penyusunan Dokumen Akreditasi Perpustakaan. DIY.
M.Yusuf , Pawit dan Yaya Suhendar. 2005. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta:
Kencana Media Group.
Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.
Sutarno. 2012. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Sutejo, Ahmad Mansur dkk. 2012. Layanan Cinta. Jakarta : CV Agung Seto.
Suwarno, Wiji. 2014. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Pustakawan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Syamsuddin dkk. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tilaar. 2001. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 pasal 1 ayat 11 Tentang Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 pasal IV.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiadi Akbar. 1996Metodologi Penelitian Sosial , Jakarta: BumiAksara.
Wojowarsito, purwodarminto. 1974 kamus lengkap Indonesia-Inggris. Jakarta: Hasta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Henny Vidiyawati, Husniyatus Salamah Zainiyati, Liliek Channa AW

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.