https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/issue/feed Jurnal Kependidikan Islam 2023-02-28T04:52:12+00:00 Arif Mansyuri ayiekku@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Kependidikan Islam (ISSN: 2088-9305 | E-ISSN: 2777-0532), is a double-blind reviewed academic journal published by Department of Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Ampel Surabaya.<br>Jurnal Kependidikan Islam published be-annual, February and August. It concern in the development of Islamic education. Editors appreciately welcome all public especially academics, researchers, and educators to donate their intellectual dedication in the form of articles to be published in this journal which is original and has not been published in any media. The articles may be written in Indonesian, Arabic, or English. Authors need to register with the journal prior to submission</p> https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2313 Peran Fasilitator dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sindrom Asperger di Sekolah Alam Saka Kediri 2023-01-02T06:33:32+00:00 Lailatul Rahma lailatulrahma123123@gmail.com Achmad Supriyanto a.supriyanto.fip@um.ac.id Ahmad Yusuf Sobri ahmad.yusuf.fip@um.ac.id <p>Asperger's syndrome is a developmental disorder of social interaction, communication and behavior. Asperger's <br>syndrome is also known as the little professor syndrome because it has a unique behavior, way of thinking <br>and communicating. The existence of obstacles regarding social skills experienced by students with social skills <br>requires that schools have the sensitivity to participate in supporting students' social skills. Social and <br>communication skills are very important for students to be able to show their emotions and feelings <br>appropriately. The research method used in this study is a qualitative research method with data collection <br>techniques of interviews, observation and documentation. This study uses behavioristic theory to find out how <br>the role of the facilitator is in improving students' social abilities by assessing the four main activities, namely: <br>making friends, studying, worshiping and doing activities. The role of the facilitator and the natural school <br>concept promoted by the Sekolah Alam SAKA Kediri contribute to changes in students with Asperger's <br>syndrome..</p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Lailatul Rahma, Achmad Supriyanto, Ahmad Yusuf Sobri https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2196 Pola Manajemen Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Mutu Pendidikan 2023-01-29T08:50:22+00:00 Riduwan riduwan21@mhs.uinjkt.ac.id Elsinah elsinah@gmail.com Bekti Amrillah bekti@gmail.com Hasyim Asy'ari hasyim@gmail.com Armai Arif armai@gmail.com <p><em>Peningkatan kinerja guru menjadi pilar utama dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pola atau bentuk manajemen kelapa sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu Pendidikan. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pola manajemen Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Tim Manajemen Kharisma Bangsa. Teknik analisis data dalam penelitian ini reduksi data dan tringulasi sumber. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu Pola manajemen yang diterapkan oleh Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa adalah perpaduan pendekatan manajemen buttom up dan top down. Secara umum manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan mutu pendidikan sangat baik, hal tersebut tampak pada fungsi-fungsi manajemen yang telah diterapkan oleh kepala sekolah selaku pimpinan lembaga.</em></p> <p>Keyword: <em>Pola Manajemen, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Mutu Pendidikan</em></p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Riduwan https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2460 Sistem Pengelolaan Keuangan Program Pendidikan Gratis di Pondok Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Bantul 2023-02-01T15:43:53+00:00 Tafyiroh 21204091008@student.uin-suka.ac.id Erni Munastiwi ernimunastiwi@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penganggaran dan pengalokasian dana pendidikan gratis di Pondok Pesantren Kreatif Baitul Kilmah Bantul. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penganggaran dan pengalokasian dana menggunakan sumber dana hasil dari penjualan karya buku para santri dan juga pengasuh. Pengelolaan keuangan dilakukan terpusat pada lembaga dengan menggunakan pengumpulan kas lembaga.</p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Tafyiroh, Erni Munastiwi https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2518 Eksistensi Kurikulum Pesantren sebagai Sub Sistem Pendidikan Nasional (Konteks Kasus Pondok Modern Gontor Ponorogo) 2023-01-29T08:27:50+00:00 Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi yusronmaulana71@gmail.com <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi sebuah masalah tentang Kesistensi Kurikulum pesantren. Dan Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berorientasi masa depan tentu memiliki tujuan, kurikulum, visi dan misi dalam usaha membentuk bangsa yang lebih beradab. Adapun tujuan yang dicanangkan oleh pesantren yaitu pendidikan yang sesuai dengan norma-norma agama Islam dan selalu bersifat tafaqquh fi ‘l-dîn. Perkembangan pesantren dari pesantren salaf (bandongan dan sorogan) sampai pesantren modern yang sangat pesat hingga saat ini tidaklah lepas dari adanya system pendidikan yang jelas dan kurikulum yang terencana dengan baik. Adapun metode penelitian yang dilakukan&nbsp;menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang secara teknis pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi, setelah data terkumpul, kemudian data diolah dan disajikan. Hasil dari Penelitian ini adalah tujuan pendidikan mesti ditekankan pada tercapainya keseimbangan hidup yang bahagia dunia akhirat, sebagai pengganti tujuan pendidikan lembaga tradisional sebelumnya yang hanya mementingkan akhirat. Pembaharuan kurikulum pendidikan pesantren dengan standar 100% ilmu agama dan 100% ilmu umum Dalam arti, peantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama saja, tapi juga ilmu pengetahuan modern, dan yang didukung oleh kemampuan penguasaan bahasa Arab dan Inggris. Lokasi Tempat Penelitian ini di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo</em></p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 yusron maulana https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2544 Model Supervisi dalam Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan 2023-01-29T08:00:47+00:00 Muhammad Syukron muhamadsyukron21@mhs.uinjkt.ac.id Diana Riski Sapitri Siregar dianariskisapitrisiregar21@mhs.uinjkt.ac.id Sita Ratnaningsih sita@uinjkt.ac.id <p><em>Untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu, diperlukan kualitas pengajaran guru yang kompeten. </em><em>Meningkatkan kualitas pengajaran adalah tujuan utama dari supervisi pendidikan. Akibatnya, penting untuk memilih jenis pengawasan yang menerapkan model yang tepat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. </em><em>Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari berbagai jurnal, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data dari buku dan jurnal kemudian direduksi dengan menelaah seluruh data yang ada kemudian data disajikan dan dibahas, yang terakhir adalah penarikan kesimpulan sehingga menjadi sebuah informasi bagi pembaca. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada lima model supervisi pendidikan yaitu model supervisi konvensional, ilmiah, klinik, artistic, dan perspektif Islam. Sebenarnya, supervisi dapat dilakukan melalui strategi-strategi yang harus digunakan supervisor dengan guru. Sesuai dengan kedudukan profesionalnya, supervisi pengajaran memiliki tugas-tugas tertentu.</em></p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Muhammad Syukron, Diana Riski Sapitri Siregar, Sita Ratnaningsih https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2553 Manajemen Pendidikan Islam di Era Internet of Things 2023-01-29T12:43:28+00:00 Mohammad Adnan adnan.bawean@gmail.com Patsun Patsun patdawany@gmail.com <p>Laju peradaban manusia saat ini sudah tidak dapat dibendung lagi, kecanggihan teknologi sudah berkembang yang semula 1.0 saat ini sudah masuk era 4.0 yang telah menuntun kita pada satu keadaan dimana segala aspek kehidupan tidak dapat lagi berjalan secara manual. Kalau zaman dahulu segala bentuk pembelajan dan pengarsipan dilakukan secara manual, akan tetapi saat ini tidak lagi sama. Perkembangan teknologi telah mengantarkan kita pada satu konsep dimana proses pembelajaran dan pengarsipan data tidak lagi dilakukan secara manual, namun semuanya itu sudah dilakukan secara online, bisa menggunakan aplikasi apa saja dalam hal pembelajaran, maupun pengarsipan. Ditambah dengan adanya covid 19 yang terjadi maka semakin memaksa kita untuk menjadi bagian dari era internet, begitu juga dengan lembaga pendidikan Islam mau tidak mau harus melebur dalam era inernet.</p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Mohammad Adnan, Patsun https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2403 Pemaknaan Kembali QS. Al-Hasyr :18 sebagai Tujuan Pendidikan Islam yang Adaptif dalam Menyongsong Generasi Khairu Ummah 2023-02-28T03:26:19+00:00 Fathur Rahman fathurrahman2411@gmail.com Ahmad Yusam Thobroni ayusamth71@uinsby.ac.id Abdillah Theofany Farozdaq theofanyfarozdaq.fd@gmail.com <p><em>Q.S Al Hasyr : 18 adalah salah satu surat yang membahas tentang ketaqwaan kita kepada Allah serta perbuatan kita di masa lalu dan bagaimana kita memperbaikinya di masa yang akan datang, pemaknaan ayat ini bisa berlaku dalam segala bidang, khususnya di dalam dunia pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan kembali Q.S Al Hasyr : 18 tentang tujuan pendidikan Islam yang adaptif dalam rangka menyongsong generasi Khairu Ummah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan </em><em>metode tematik (metode tafsir maudhui)</em><em>, hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya mayoritas beberapa mufassirin berpendapat di dalam Q.S Al Hasyr : 18 menerangkan tentang Konsep perencanaan, pengorganisasian, evaluasi dan tujuan di dalam dunia pendidikan. Selain itu juga menerangkan tentang bagaimana menjadi manusia yang bertaqwa dan bermuhasabah dari masa lalunya agar menjadi manusia yang Khairu Ummah.</em></p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Fathur Rahman Nawawi, Ahmad Yusam Thobroni, Abdillah Theofany Farozdaq3 https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2210 Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) dalam Pengembangan Keprofesian Guru di SMP Nurul Islam Lumajang dan SMP Al-Maliki Lumajang 2023-02-28T04:52:12+00:00 Samsul Ma'arif samsulmaarif@gmail.com Muhammad Nuril Huda nuril.huda@uinsby.ac.id Dwi Khismailah dkhismailah@gmail.com <p><em>Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Dalam Pengembangan Keprofesian Guru. </em><em>Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, Pengembangan Keprofesian Guru SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, dan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Dalam Pengembangan Keprofesian Guru di SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi multisitus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Operator Sekolah, Guru, dan Admin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang.</em><em> Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) dalam Pengembangan Keprofesian Guru di SMP Nurul Islam Lumajang dan SMP Al Maliki Lumajang, sudah berjalan dengan baik, karena SIM PKB memberikan dampak memiliki guru – guru yang kompeten, guru aktif mengikuti pelatihan,&nbsp; memudahkan pendataan pengembangan keprofesian guru menjadi efektif dan efisien hanya dengan melewati SIM PKB</em><em>.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Dwi Khismailah, Samsul Ma'arif, Muhammad Nuril Huda https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2303 Peningkatan Pemahaman Satuan Pendidikan dalam Pengisian IASP melalui Sosialisasi BAN S/M Jawa Timur 2023-02-28T04:51:26+00:00 Ahmad Fauzi ahmad.fauzi@uinsby.ac.id Windhi Candra widhicandra1@gmail.com Rista Dwi Jayanti D93219095@student.uinsby.ac.id <p>Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP-2020) merubah pola evaluasi akreditasi yang awalnya berbasis <br>administrasi menjadi berbasis kinerja. IASP 2020 berfokus pada pengukuran Mutu Lulusan, Proses Pembelajaran,Mutu Guru, dan Komponen Manajemen Sekolah/Madrasah. Sosialisasi IASP diperlukan untuk dapat memberikan pemahaman kepada warga sekolah tentang materi atau substansi yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan akreditasi yang menggunakan IASP 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan sosialisasi IASP-2020 oleh BAN S/M Jawa Timur. Sosialisasi Instrumen akreditasi ini yang telah dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dengan tema yaitu “Reformasi Sistem Akreditasi, Tingkatkan Mutu Pendidikan”. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, studi literatur, dengan penggalian datanya menggunakan metode observasi,wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diharapkan oleh BAN S/M setelah dilakukannya kegiatan sosialisasi IASP-2020 yaitu semua pihak satuan Pendidikan dapat memahami bagaimana pengisian instrument akreditasi satuan Pendidikan.</p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ahmad Fauzi, Windhi Candra, Rista Dwi Jayanti https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2370 Optimalisasi EMIS (Education Management Information System) melalui Mentoring Berkelanjutan pada Seksi PD Pontren Kantor Kemenag Kota Pasuruan 2023-01-02T06:39:31+00:00 Alifa Rifdatus Sofwani alifarifda@gmail.com Tri Siwi Agustina siwi@feb.unair.ac.id Ahmad Marzuqi ah.marzuqi@gmail.com <p>EMIS (<em>Education Management Information System</em>) merupakan sistem informasi manajemen yang dikembangkan oleh Kementerian Agama untuk memudahkan input data lembaga pendidikan, seperti: Madrasah, Pondok Pesantren, dan Pendidikan Tinggi Islam. Tujuan pengembangan EMIS di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam antara lain: menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan, perencanaan penyelenggaraan pendidikan, pengembangan poyek, penyusunan anggaran dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana EMIS dapat diperhatikan kebenaran datanya dan selalu di-<em>update </em>secara berkala. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan informan yaitu operator PPs yang dituju, tim gabungan visitasi lembaga, dan operator PD Pontren Kemenag Kota Pasuruan. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EMIS PPs mengalami kenaikan presentase <em>update</em> data setelah dilakukan Turba. Dengan rincian data yang sebelumnya hanya terisi sebanyak 28 lembaga dari total 32 lembaga menjadi 31 lembaga terisi. Satu lembaga yang memang tidak mengisi memilih mengundurkan diri dan memperpanjang Ijin Operasional. Sedangkan mentoring berkelanjutan yang dimaksud merupakan bimbingan secara berkala dengan tolok ukur <em>updating</em> EMIS. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah validasi data yang akan di <em>input</em>. Karena data tersebut sebagai acuan pengambilan keputusan dan kebijakan oleh Kementerian Agama RI ataupun Kota Pasuruan sendiri.</p> 2023-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Alifa Rifdatus Sofwani, Tri Siwi Agustina, Ahmad Marzuqi