Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan dari Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Keprofesionalan Dosen Khususnya di Fakultas Tarbiyah
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.10-25Keywords:
supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru.Abstract
Prestasi adalah hasil kegiatan yang telah dilakukan, yang diciptakan, yang diperoleh melalui keuletan kerja, dan menyenangkan baik secara individu maupun tim dalam bidang kegiatan tertentu. Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, setiap warga negara yang berkualitas perlu mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga profesionalisme dosen sangat dibutuhkan beradaptasi dengan zaman. Mengetahui mengenai peningkatan prestasi akademik dan faktor yang mempengaruhi kinerja akademik siswa pada bidang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui keprofesionalan dosen di Fakultas Tarbiyah. peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan atau yang biasa disebut penelitian kepustakaan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja akademik siswa pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditingkatkan melalui profesionalisme dosen Fakultas Tarbiyah, selain itu dapat digunakan sebagai masukan atau pelengkap jika hasil penelitian berbeda, sehingga makalah ini tesis terus berkembang, dan tidak berhenti sampai di situ.
Downloads
References
Ahmad Mulyadi, Mohammad Abdul Rozak, “Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi”, Journal of Accounting Science, No. 1 Vol 3, 31 januari 2019
Aminullah. ( 2018, Januari-juni). PROFESIONALISME DAN KUALITAS PELAYANAN. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, VI No. 1, hal 90.
Anshori, I. L. (2022). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND. Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 89.
BIRO ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN, K. D. ( Selasa, 24 Agustus 2021). Pengertian Dosen – Tugas & Tanggung Jawab Dosen. medan: bakri.uma.ac.id.
Cut dhien nurwahidah, Zaharah, Ibnu Sina, “MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA”, Rausyan Fikr, No. 1 Vol. 17, 2 september 2021
Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya
H.A.R.Tilar. (n.d.). Pragdigma Baru Pendidikan Nasional. jakarta: Rineka Cipta,2004,hlm 134.
Undang-undang Dasar 1945, Yang Sudah Diamandemen Dengan Penjelasanya, (Surabaya: Karya Ilmu, 2002)
Jenni Lilis. S. Siangian, I. R. (Juni 2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa-siswi kelas X-XI di SMA Negeri Kota Sorong. Jurnal Kesehatan, N0.01 Vol V .
Leny Latifah, K. B. (January 2020). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatakan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, N0. 01 Vol 10, 54.
Maulana, M. R., Rasyid, M. N. A., & Siska, M. (2016). PENELITIAN DOSEN DAN MAHASISWA TENTANG PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KODE ETIK DOSEN DALAM PENGAJARAN DAN KODE ETIK DOSEN TERHADAP MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. 16.
M. Surya, Selekta Kependidikan, ( Jakarta : Universitas Terbuka 2003), hlm. 5
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Sahaka, A. (2019). PROFESI, PROFESIONAL DAN PEKERJAAN. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2575110
SAPUTRA, A. (2017). ANALISIS KODE ETIK DOSEN DAN IMPLEMENTASINYA. PADANGSIDIMPUAN: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.
Siagian, J. L., & Rahman, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI KELAS X-XI DI SMA NEGERI 4 KOTA SORONG. Elisabeth Health Jurnal, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.52317/ehj.v5i1.275
UMA, P. S. ( November 18, 2021). Prinsip Pembelajaran dan Peran Dosen Menurut Pakar Pendidikan. Medan: manajemen.uma.ac.id.
Wahyudi, P. H. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL FASILITAS BELAJAR DAN KOPENTENSI DOSEN TERHADAP PERSEPSI PRESTASI AKADEMEIK MAHASISWA AKUTANSI. e-Jurnal Akuntansi, No.03 Vol 29, 1084.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Fitriatin, Lailatul Silfiyah, Alifian Mamnun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.