Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan dari Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Keprofesionalan Dosen Khususnya di Fakultas Tarbiyah

Authors

  • Nur Fitriatin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Lailatul Silfiyah uin sunan ampel surabaya
  • Alifian Mamnun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.10-25

Keywords:

supervisi akademik, kompetensi pedagogik guru.

Abstract

Prestasi adalah hasil kegiatan yang telah dilakukan, yang diciptakan, yang diperoleh melalui keuletan kerja, dan menyenangkan baik secara individu maupun tim dalam bidang kegiatan tertentu. Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, setiap warga negara yang berkualitas perlu mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, mengikuti perkembangan zaman, dan mengikuti perkembangan zaman, sehingga profesionalisme dosen sangat dibutuhkan beradaptasi dengan zaman. Mengetahui mengenai peningkatan prestasi akademik dan faktor yang mempengaruhi kinerja akademik siswa pada bidang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui keprofesionalan dosen di Fakultas Tarbiyah. peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan atau yang biasa disebut penelitian kepustakaan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja akademik siswa pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ditingkatkan melalui profesionalisme dosen Fakultas Tarbiyah, selain itu dapat digunakan sebagai masukan atau pelengkap jika hasil penelitian berbeda, sehingga makalah ini tesis terus berkembang, dan tidak berhenti sampai di situ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Mulyadi, Mohammad Abdul Rozak, “Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Dosen Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi”, Journal of Accounting Science, No. 1 Vol 3, 31 januari 2019

Aminullah. ( 2018, Januari-juni). PROFESIONALISME DAN KUALITAS PELAYANAN. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, VI No. 1, hal 90.

Anshori, I. L. (2022). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND. Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 89.

BIRO ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN, K. D. ( Selasa, 24 Agustus 2021). Pengertian Dosen – Tugas & Tanggung Jawab Dosen. medan: bakri.uma.ac.id.

Cut dhien nurwahidah, Zaharah, Ibnu Sina, “MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA”, Rausyan Fikr, No. 1 Vol. 17, 2 september 2021

Depag RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya

H.A.R.Tilar. (n.d.). Pragdigma Baru Pendidikan Nasional. jakarta: Rineka Cipta,2004,hlm 134.

Undang-undang Dasar 1945, Yang Sudah Diamandemen Dengan Penjelasanya, (Surabaya: Karya Ilmu, 2002)

Jenni Lilis. S. Siangian, I. R. (Juni 2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa-siswi kelas X-XI di SMA Negeri Kota Sorong. Jurnal Kesehatan, N0.01 Vol V .

Leny Latifah, K. B. (January 2020). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Token Ekonomi Untuk Meningkatakan Sikap Tanggung Jawab Akademik Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, N0. 01 Vol 10, 54.

Maulana, M. R., Rasyid, M. N. A., & Siska, M. (2016). PENELITIAN DOSEN DAN MAHASISWA TENTANG PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KODE ETIK DOSEN DALAM PENGAJARAN DAN KODE ETIK DOSEN TERHADAP MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. 16.

M. Surya, Selekta Kependidikan, ( Jakarta : Universitas Terbuka 2003), hlm. 5

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Sahaka, A. (2019). PROFESI, PROFESIONAL DAN PEKERJAAN. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2575110

SAPUTRA, A. (2017). ANALISIS KODE ETIK DOSEN DAN IMPLEMENTASINYA. PADANGSIDIMPUAN: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

Siagian, J. L., & Rahman, I. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI KELAS X-XI DI SMA NEGERI 4 KOTA SORONG. Elisabeth Health Jurnal, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.52317/ehj.v5i1.275

UMA, P. S. ( November 18, 2021). Prinsip Pembelajaran dan Peran Dosen Menurut Pakar Pendidikan. Medan: manajemen.uma.ac.id.

Wahyudi, P. H. (2019). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL FASILITAS BELAJAR DAN KOPENTENSI DOSEN TERHADAP PERSEPSI PRESTASI AKADEMEIK MAHASISWA AKUTANSI. e-Jurnal Akuntansi, No.03 Vol 29, 1084.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Fitriatin, Nur, Lailatul Silfiyah, and Alifian Mamnun. “Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dari Sekolah Menengah Kejuruan Melalui Keprofesionalan Dosen Khususnya Di Fakultas Tarbiyah”. Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 2 (August 15, 2023): 10–25. Accessed April 17, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2450.

Issue

Section

Articles