Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Fitria Hindahsari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lilik Huriyah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Fitriatin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.32-41

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering timbulnya permasalahan pengelolaan dana BOP di instansi pemerintah, sehingga menyebabkan terhambatnya penyaluran dana BOP. Berbeda dengan penyaluran dana BOP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto di mana dana BOP dapat tersalurkan dengan optimal. Penyaluran dana BOP yang optimal karena didukung dengan pengelolaan dana BOP yang baik. Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan dana BOP, mendeskripsikan dan menganalisis kualitas layanan, dan mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan dana BOP dalam meningkatkan kualitas layanan di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif . Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa (1)  Pengelolaan dana BOP dilakukan melalui tiga tahap yaitu perencanaan anggaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Penyaluran dana BOP di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto sesuai dengan Petunjuk Teknis Pengelolaan BOP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksdon, Dedy Akhmad Kurniyadi, and Deni Dermawan. Manajemen Pembiayaan Penddikan. Bandung: PT Remaja Rosdakaya, 2015.

Arwildayanto, Nina Lamatenggo. Wrni Tune Sumar, Manajemen Keuangan dan Pembiayan Pendidikan. Gorontalo: Widya Padjajaran, 2017.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group, 2011.

Fatra, Edi Harahap. “Implementasi Prinsip dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Sekolah Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang.” JMKS 2, no. 1 (January 2017): 50.

Halim, Abdul. Manajemen Keuangan Sektor Publik. Jakarta:Salemba empat, 2020.

Hariri, Hasan. Karwan, Dedy H. Ridwan, Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2016.

Indonesia, Republik, and Undang-Undang Dasar, 1945.

Islam, Direktur Jenderal Pendidikan. Keputusan No. 7330 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah pada Madrasah Tahun Anggaran, 2020.

Latif, Muthar. Suryawahyuni Latief, Teori Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2018.

Lubis, Mayang Sari. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Masditon. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu.” Jurnal Ansiru 1, no. 2 (July 2017): 122.

Nengsih, Widya. Adnan, M Fachri. Eriyanti, Fitri. “Penerapan Prinsip Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik Di kelurahan Alai Parak kopi Kota Padang,” Jurnal Ilmu Administrasi Publik 2, no. 1 (Maret 2016): 114.

Purhantara, Wahyu. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Rahman, Nur. “Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah.” Journal of Islamic Education Management 1, no. 1 (October 2016): 76.

Rusdiana, A. and Wardijah. Manajemen Keuangan Sekolah. Bandung: Arsad Press, 2013.

Sarwono, Jonathan. Motode Penelitian Kuantitaif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Tandililing, Juliana. “Pengaruh Transparansi Dan Ákuntabilitas Keuangan Sekolah Terhadap Motivasi Guru DI Kabupaten Keroom.” Jurnal Kajian Ekonomi & Keuangan Daerah 4, no. 2 (2019): 45.

Widodo, Hendro. Etyk Nurhayati, Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2020.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Hindahsari, Fitria, Lilik Huriyah, and Nur Fitriatin. “Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 32–41. Accessed May 5, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1308.

Issue

Section

Articles