Manajemen Pemasaran Pendidikan Sekolah Luar Biasa

Authors

  • Johan Andriesgo STAIN Bengkalis
  • Syarifah Ivonesti STAIN Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.1-9

Keywords:

Sekolah Luar Biasa, Strategi, Pemasaran, Pendidikan

Abstract

Peningkatan jumlah anak disaability semakin meningkat setiap tahunnya. Sehingga kebutuhan Sekolah Luar Biasa diperlukan Lembaga sekolah yang mendukung hal ini.  Bukan hal yang mudah untuk mengajak masyarakat agar mau menyekolahkan anak untuk bersekolah di Sekolah Luar Biasa. Terlihat dari jumlah disabilitas yang ada di Bengkalis ± 50% yang sekolah di Sekolah Luar Biasa. Oleh karena, itu dibutuhkan suatu strategi atau teknik tertentu dalam menarik minat masyarakat untuk memasukan atau menyekolahkan anak yang berkebutuhan khusus. Diantara berbagai macam strategi yang bisa digunakan oleh pihak pengelola adalah dengan melibatkan berbagai unsur yang menjadi acuan didalam melakukan strategi pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, pshycal evidence, process. Penelitian ini berbentuk library research dengan mengumpulkan data-data dari buku-buku, jurnal dan kamus-kamus, arsip terkait dengan permasalahan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriesgo, J, et al, 2020, Analisis Problematika Mutu Pendidikan Tingkat Dasar Berdasarkan Hasil Akreditasi di Kabupaten Kuantan Singingi, Jurnal Al-Tanzim, Vol. 4. No. 2.

Asopwan, D. (2018). Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 2(2), 264–271.

Chanifudin & Tuti, 2020. Integrasi Sains dan Islam Dalam Pembelajaran Jurnal Pendidikan Asatiga Vol 1, No 2,

Fitria, S. 2018. Strategi Jasa Pemasaran di Sekolah Islam Terpadu Diniyah Al Alzhar Jambi, Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi

Margareta, R,T dkk. 2018. Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model Journal Manajemen Pendidikan Magister Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Volume 5 No.1

Ivonesti, S, et al, 2019. The Description of People witah Disabilities in Bengkalis District During 2017-2018 in Province, In Proceeding of The 1 st International Conference on Psychology (ICpsy, 2019) page 340-344

Khasanah, A. 2015. Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturaden. Journal El-Tarbawi Vol VIII No 2

Sunarni et.al 2020 Strategi Pemasaran Sekolah Melalui Pelibatan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Kegiatan Sekolah, jurnal Improvement Vol 7 No 2 Desember 2020.

Shinta, A. 2011 Manajemen Pemasaran, Penerbit Universitas Brawijaya. Press hal. 1-6.

Suryani, F. 2020. Manajemen Pemasaran Pendidikan Di Sekolah Luar Biasa Negeri Bengkalis, Skripsi STAIN Bengkalis

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat. Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial RI, 2006 (di unduh 14 Mei 2019)

Undang-undang Republik Indonesia No 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas (di unduh 14 Mei 2019).

Zulfa ER dkk, 2014 Pengembangan Kapasitas Sekolah Luar Biasa Untuk meningkatkan Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di SDLBN Kendungkandang Malang) Jurnal Administrasi Publik (JAP, Vol 2, No. 3)

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Andriesgo, Johan, and Syarifah Ivonesti. “Manajemen Pemasaran Pendidikan Sekolah Luar Biasa”. Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 2 (August 15, 2023): 1–9. Accessed May 13, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2359.

Issue

Section

Articles