Ilmu Asmaul Haq (Dimensi Spiritual dan Edukasi)

Authors

  • Ni'matus Sholihah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2011.1.2.150-179

Keywords:

lmu Asmawl Haq, Spiritual, Kanuragan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang ilmu asmaul haq, khususnya unsur-unsur  yang ada dalam ilmu tersebut, proses transmisinya, dintemi spiritual, serta kontribusinya bagi pengamal ilmu tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, dokumentasi dan observasi. Pengumpulan data kualitatif lebih ditekankan dengan teknik wawartcara mertdalam kepada sumber data, sedangkan untuk data kuantitatif dengan angket terbuka kepada 60 pengamal ilmu asmaul haq. Data tersebut diamlisis dengan teknik frekivensi serta diskriptif eksploratif. Ilmu asmaul haq merupakan suatu amalan yang terdiri
atas unsure qawly (tawassul, dhikir Allah, do'a penutup) dan fi'ly (adab dan aspek kanuragan) yang bertujuan untuk meruiekatkan diri kepada Allah sehingga mencapai ridho, cinta dan ma'rifat kepadaNya. Selain dimensi spriritual, terdapat juga dimensi pendidikan yang terkarxdung dalam seluruh sistem iimu asmaul haq yaitu pendidikan jiwa/moral.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-08-12

How to Cite

Sholihah, Ni’matus. “Ilmu Asmaul Haq (Dimensi Spiritual Dan Edukasi)”. Jurnal Kependidikan Islam 1, no. 2 (August 12, 2011): 150–179. Accessed April 27, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1055.

Issue

Section

Articles