Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto

Authors

  • Dea Fajar Herlyanda UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mukti Ali Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Wahidatul M Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Wilis Ayu Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ni’matus Sholihah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.43-56

Keywords:

Manajemen, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsian tentang manajemen pelayanan haji dan umroh di kementerian agama kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan yaitu pengelola bagian penyelenggaraan haji dan umroh dan petugas PHU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto memiliki sebuah pelayanan yang dapat memudahkan jama'ah untuk melakukan pendaftaran yakni pelayanan satu atap yang berdiri pada tahun 2016  Pada awalnya, fungsi secara umum dari pelayanan haji dan umrah adalah untuk meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Setelah dilakukan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya manajemen pelayanan haji dan umroh, kegiatan atau aktivitas dalam layanan bisa terkoordinir atau terstruktur dengan baik, sehingga calon jamaah haji dan umroh merasa nyaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Herlyanda, D. F., Ali, M., M, N. W., Ayu, W., & Sholihah, N. (2019). Manajemen Pelayanan Haji dan Umroh di Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.43-56

Issue

Section

Articles