Author Guidelines

A. Sistematika Penulisan

     Sistematika penulisan artikel Jurnal Administrasi Pendidikan Islam adalah :

  1. Artikel hasil penelitian terdiri dari Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Sub Bab Pembahasan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka.
  2. Naskah ditulis dengan spasi 1.0 ( single spasi)  pada kertas berukuran A4 dalam bentuk soft-copy dalam format word document dengan margins atas dan bawah : 2,5 cm; kanan dan kiri : 2 cm. Font Judul menggunakan  menggunakan Gaya UPPERCASE ATAU Huruf Besar dengan Cetak Tebal (Bold) Dengan Font AVANTGARDE BK BT ukuran 14 pt. Font Isi dengan Menggunakan Palatino Linotype ukuran 12pt spasi 1.0. Panjang tulisan sekitar 4000-5000 kata, termasuk daftar pustaka, gambar dan tabel. Judul naskah ditulis secara lengkap disertai dengan nama penulis, afiliasi, serta alamat korespondensi termasuk e-mail
  3. Tulis abastrak dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dengan font Palatino Linotype berukuran 10 pt. Abstrak berjumlah antara 100 hingga 150 kata. Spacing 1.0 (single). Abstrak berisi (1) latar belakang isu yang dibahas dan pertanyaan penelitian, serta kajian teori; (2) metode penelitian yang digunakan; (3) hasil utama dalam pembahasan; dan (4) kebaharuan atau inovasi yang dihasilkan dalam tulisan.
  4. Pengiriman  melalui  MAKE A SUBMISSION di halaman depan Jurnal Administrasi Pendidikan Islam.
  5. Jumlah Plagiarisme Maksimal 25 % di buktikan dengan bukti turnitin asli yang di lampirkan. 

B. Format Kutipan dan Daftar Pustaka

Format penulisan kutipan dan daftar pustaka Jurnal Administrasi Pendidikan Islam menggunakan gaya American Psychological Association (APA) 7th Edition. Contohnya adalah :

JURNAL

1 pengarang 1 artikel

(Kusumawati, 2017)

Kusumawati, Y. (2017). Representasi Rekayasa Sosial Sebagai Sarana Keadilan Hukum. Sangaji Jurnal Pemikiran Syariah Dan Hukum, 1(2), 129–141.

Lebih dari 1 pengarang dalam 1 artikel

(Setiawan et al., 2018)

Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul: Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.

 

SKRIPSI, THESIS, DISERTASI

(Nafi’ah, 2016)

Nafi’ah, U. H. (2016). Strategi madrasah dalam pendidikan insan Qur’ani (studi di MI NU Tahfidzul Qur’an TBS Kebonageng Krandon Kudus tahun ajaran 2015/2016) [Undergraduate, UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6136/

 

Conference Paper

(Arifin, 2000)

Arifin, I. (2000). Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

 

BUKU 1 Pengarang

(Brahim, 2021)

Brahim, M. N. E. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Andi Offset.

BUKU 2 Pengarang

(Imtinan & Krismananda, 2022)

Imtinan, N. F., & Krismananda, M. W. (2022). Supervisi Pendidikan. In A. Fauzi (Trans.), Pengantar Administrasi Pendidikan (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.

 

WEB PAGE, SITUS

Lebih dari 1 Author dalam 1 artikel

(Karouw et al., 2020)

Karouw, E., Verdianto, F., Prastista, M. D., & Ariyanti. (2020, September 24). SOCIETY 5.0 FOR BETTER LIFE: Enhancement or Disruption. YONULIS. https://yonulis.com/2020/09/24/society-5-0-for-better-life-enhancement-or-disruption/

1 author dalam 1 artikel

(Kompasiana.com, 2012)

Kompasiana.com. (2012, January 30). Rekayasa Sosial. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/aboutlife/550d8f7d813311692db1e40b/rekayasa-sosial