Manajemen Pembinaan Pendidikan Keagamaan Non Formal (Prosedur Pengajuan Izin Operasional TPQ) di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Ali Mustofa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Afifatul Maghfiro UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ilma Amaliya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Shobihatul Munawaroh Na'imata UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.183-192

Abstract

Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat ditempuh secara terstruktur dan bertahap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana Kementerian Agama Sidoarjo memajukan pendidikan agama nonformal serta memberikan gambaran dan tata cara pengurusan izin penyelenggaraan suatu jenis peraturan lembaga pendidikan Islam khususnya TPQ di Kantor Kementerian Agama Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis mendatangi kantor Kementerian Agama wilayah Sidoarjo atau PD Pontren untuk mewawancarai langsung narasumber. Penelitian data deskriptif dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata cara pengajuan izin pengelolaan TPQ ke kantor Kementerian Agama Sidoarjo dilakukan secara online, khusus menggunakan aplikasi SIPDAR (Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar TPQ). Pelamar mendaftar secara online dengan mendaftar, melengkapi profil organisasinya dan kemudian mengunggah dokumen yang ditentukan. Badan Pengelola Kantor Kementerian Agama Kabupaten melakukan proses verifikasi fisik dengan melakukan penelusuran di lokasi pemohon. Berdasarkan verifikasi tersebut Kantor Kementerian Agama Kabupaten menerbitkan nomor statistik dan SK penetapan (baik pengajuan baru maupun perpanjangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H.,

Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani,

M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J.,

Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Almafahir, A., & Alpiansyah, A. (2021). Manajemen Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.34 02

Eliandy, R. R., Adila, R., Hasibuan, E. A., & Ababiel, R. (2021). Karakteristik,

Jenis Dan Satuan Pendidikan Luar Sekolah. Ittihad, V(1), 5–11.

Kabupaten, K. A. (n.d.). Juknis Penerbitan Tanda Daftar LPQ.pdf.

Kemenag, P. K. (2022). Dokumen Prosedur Ijin Operasional.

Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 1(2), 14–18. https://journal.unj.ac.id/unj/index.ph p/jiv/article/view/2756

Mukti, M. A. (2018). Manajemen Pendidikan Non Formal: Analisis Terhadap Taman Pendidikan Al- Quran Raudhatul Jannah Jayapura. JUNI: Jurnal Pendidikan Dan Keagamaan AT-TA’DIB, 2(1), 134–152.

Nasution,s. (2019). Pesantren: karakteristik dan unsur-unsur kelembagaan. Tazkiya, Jurnal Pendidikan Islam, VIII(2), 126– 127.

Nur’aini. (2021). Metode Pengajaran Agama islam. Widina bhakti persada bandung (grup cv. Widina Media Utama), 41.

Nurelisa. (2022). Analisis pembinaan lembaga pendidikan non formal pulau tahfiz di kelurahan penyengat kota

Tanjungpinag 2018. Universitas maritim raja Ali Haji, Student Online Journal, 3(1), 140–151.

Pakan, S. (2019). Petunjuk Teknis. 644, 978-979.

Puspito, G. W., Swandari, T., & Rokhman, M. (2021). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Non Formal. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(1), 85–98.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rifai, A. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

Samrin. (n.d.). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.

Syaadah, R., Ary, M. H. A. A., Silitonga, N., & Rangkuty, S. F. (2023). Pendidikan Formal, Pendidikan Non Formal Dan Pendidikan Informal. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 125–131. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.28

Taqiyuddin, T. (2019). Modul manajemen pendidikan nonformal oleh. Institut agama islam negeri (iain) syekh Nurjati Cirebon, 147. https://web.syekhnurjati.ac.id/mpi/w p- content/uploads/sites/32/2020/11/Ko de-5.1.4.-ModulManajemen- Pendidikan-Nonformal.pdf

Wahyu, S. S. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 20

Downloads

Published

2023-09-24

How to Cite

Ali Mustofa, Maghfiro, A., Amaliya, I., & Na’imata, S. M. (2023). Manajemen Pembinaan Pendidikan Keagamaan Non Formal (Prosedur Pengajuan Izin Operasional TPQ) di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(2), 183–192. https://doi.org/10.15642/japi.2023.5.2.183-192

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)