Inventarisasi dan Penghapusan Sarana dan Prasarana di MTsN 1 Sidoarjo

Authors

  • Namira Izza Yufania IZZA UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ali Mustofa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Richul Qomariyah MTSN 1 Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.124-135

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana kegiatan inventarisasi dan penghapusan sarana prasarana di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara yang dilakukan pada tanggal tugas yang telah ditetapkan oleh kampus terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inventarisasi dan penghapusan sarana dan Prasaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sidoarjo dinilai sangat terstruktur dan efektif. Inventarisasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 sidoarjo, dimana terdapat beberapa kegiatan dalam inventarisasi mulai dari tata cara inventarisasi, pengkodifikasian, dan pengklasifikasian. Penghapusan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan cara pemusnahan dan lelang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirin, T. M. (2013). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY press.

Arikunto, S. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta.

Boko, Y. A. (2020). Perencanaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Sekolah. Pendidikan dan Ekonomi, 49.

Dermawan, D. O. (2020). Manajemen Fasilitas Pendidikan. Jakarta: Edu Pustaka.

Elong, d. T. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana. Pendidikan Islam Iqra'.

Erni Pujiastuti, A. N. (2018). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMK Negeri 1 Karanganyar. Informal dan Komunikasi Administrasi Perkantoran.

Faturahman, R. O. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di SDN Puter 1 Kembangbalu Lamongan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10.

Fuad, M. N. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana. jakarta: PT Raja Grafindo.

Huda, M. N. (2020). Inventarisasi dan Penghapusan Sarana dan Prasarana. Manajemen Pendidikan Islam, 29.

Mufadal, I. (2003). Manajemen Perlengkapan sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita, M. (2017). Sarana dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Nur El-Islam, 111.

Nurabadi, A. (2014). Manajemen Sarana dan Prasaran Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Nurabadi, a. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Prastyawan. (2016). Manajemen Sarana Prasarana. Al Hikmah, 42-43.

Qurrotul Ainiyah, K. H. (2019). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMAN Bareng Jombang. Al-Idaroh, 104.

razak, s. a. (2019). Administrasi Sarana dan Prasarana . hal. 3.

suri margi rahayu, s. (2015, December). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. hal. 123-124.

Ulfatin. (2013). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Banyumedia Publishing.

Wiyono. (2007). Metodologi Penelitian. Malang: Rasindo Malang.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

IZZA, N. I. Y., Ali Mustofa, & Richul Qomariyah. (2022). Inventarisasi dan Penghapusan Sarana dan Prasarana di MTsN 1 Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 124–135. https://doi.org/10.15642/japi.2022.4.2.124-135

Issue

Section

Articles