Pesantren dalam Dialog dan Integrasi

(Sejarah Pesantren dalam Pengembangan Pendidikan Islam)

Authors

  • Hanun Asrohah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2011.1.2.36-52

Keywords:

Sistem Pendidikan Pesantren, Integrasi Budaya, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

esantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang identik dengan ke-hlam-an juga merupakan fenomena indegerwus atau identik dengan kcaslian budaya Indonesia. Sistem pendidikanpesantren merupakan pembauran dita sistem pendidikan, yaitu Islam di Timur Tengah dan Hindu-Buda di Indonesia. Interaksi antara Muslim Timur Tengah dan masyarakat Hindu-Buda di Indonesia melalui jalur perdagangan, berlanjut dengan terjadinya kontak budaya secara intern yang berakibat pada penyerapan budaya asing ke dalam budaya setempat dan dapat melahirkan budaya baru. Kehadiran pesantren sebagai lembaga pendidikan dan sosialkeagamaan di Jawa merupakan hasil penyerapan tradisi pendidikan Islam di Timur Tengah yang berpadu dengan troilisi pendidikan Hirtdu-Budha. Ferbedaan budaya antara Islam dan Hindu-Budha sedikit demi sedikit memudar dan masing-masing berubah sifatnya yang khas menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran yang terwujud dalam sistem pendidikan pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-08-12

How to Cite

Asrohah, Hanun. “Pesantren Dalam Dialog Dan Integrasi: (Sejarah Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Islam)”. Jurnal Kependidikan Islam 1, no. 2 (August 12, 2011): 36–52. Accessed April 26, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1050.

Issue

Section

Articles