Strategi peningkatan Kompetensl Guru dan Sertifikasi dalam Mewujudkan Guru yang Profesional, Amanah, dan Bermartabat

Authors

  • Hanun Asrohah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.1.1-12

Keywords:

Peningkatan Kompetensi Guru, Sertifikasi Guru dan Guru Profesional

Abstract

Sertifikasi guru teiah dijadikan sehagai acuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru. Mutu ptndidikan ditentukan oleh heberapa faktor penting, yaitu proses, dukungan lingkungan, sarana dan prasarana. Berkaitan denga faktor proses, guru menjadi faktorutama dalam penciptaan suasana pemheiajaran. Guru dituntut dalam menjalankan tugasnya secara profesional Upaya
peningkatan kualicas pendidikan tidak mungkin terlaksana dengan baik apabila tidak diharengi dengan upaya peningkatan standar kompetensi guru. Dalam hal mi, yang harus mendapatkan perhatian adalah bagaimana pelaksanaan sertifikasi. Pelaksanaan sertifikasi canpa diimbangi kompetisi akan berubah menjadi lembaga formalisasi profesi guru. Jika guru sudah mendapatkan "sertifikat pendidik" dan mendapatkan tunjangan profesionalitas, bagaimana menyiapkan mekanisme untuk mendorong "kinerja profesional" guru. Tanpa mekanisme ini, "sertifikat pendidik" hanya akan menjadi formalitas bagi profesinalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-02-12

How to Cite

Asrohah, Hanun. “Strategi Peningkatan Kompetensl Guru Dan Sertifikasi Dalam Mewujudkan Guru Yang Profesional, Amanah, Dan Bermartabat”. Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 1 (February 12, 2012): 1–12. Accessed April 28, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1062.

Issue

Section

Articles