Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Berbasis Masyarakat di Kementerian Agama Kabupaten Jombang
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.84-101Keywords:
efektivitas, pelayanan terpadu satu pintu, masyarakatAbstract
Abstrak
Salah satu cara untuk mendapatkan pelayanan publik yang mampu meningkatkan citra baik lembaga bagi masyarakat adalah dengan menyelenggarakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan dapat didefinisikan sebagai aktivitas untuk memenuhi kebutuhan seseorang, sekelompok atau organisasi baik secara langsung ataupun tidak langsung. Asas-asas pelayanan adalah transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban antara pengguna dan pemberi layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang dan untuk mengetahui persepsi pengguna layanan atas adanya peningkatan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa, sebagian besar menyatakan dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang seluruh pelayanan menjadi cepat, mudah, tepat dan sesuai dengan kebutuhan melalui alur pelayanan yang jelas, karena pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang sudah menggunakan dua jenis pelayanan yaitu One Day Service dan Non One Day Service.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Masyarakat
Downloads
References
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak.
Atthahara, Haura. 2018. Inovasi Pelayanan publik berbasis e goverment. Jurnal politikom indonesiana vol 3 no 1.
Azizah, Dinda Hayyi, Dkk. 2006. Impelementasi Pelayanan Publik Pada Ptsp Dalam Mempermudah Akses Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Madiun). Jurnal Respon Publik, Vol. 14, No. 1 PERMENDAGRI No. 24.
Febliany, Imelda, Nur Fitriyah dan Enos Paselle. 2014. Efektifitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyeraan Investasi di Kalimantan Timur (Studi Pada Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Administrative Reform, Vol.2 No.3 September.
Helaluddin dan Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif, (Sekolah Tinggi Thelologia Jaffray.
Keputusan Menteri Agama (KMA)
PERMENDAGRI No. 24 Tahun 2006
Putra, Tedy Minahasa. 2019. Pelayanan Publik dan Ketahanan Nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta.
Ratmiko dan winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sahriawati, Wiwi dan Redita Komala Wening, Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Efektifitas Perizinan Usaha Pada Dinas Penanaman Modal Kabupaten Cirebon.
Soerjono, Soekanto. 1998. Efektivitas Hukum dan Peranan Saksi, Remaja, Karyawan. Bandung.
Supriyono. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Taufiqurokhman dan Evi satispi. 2018. Teori Dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : UMJ PRESS.
Tri Sudaryanti, Endang. 2012. pengembangan Pelayanan Publik berbasis Partisipasi Masyarakat. Jurnal riset daerah vol XI no 2.