Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren

Authors

  • M Turmuzi Tahir Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Muhammad Universitas Islam Negeri Mataram
  • Subki Subki Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2024.14.1.1-10

Abstract

Penerapan kurikulum merupakan suatu proses dalam mencapai sebuah tujuan pendidikan. Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktifitas pendidikan di suatu lembaga yang keberhasilannya ditentukan dari proses penerapan dari kurikulum sendiri. Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) merupakan model kurikulum Gontor yang diterapkan di pesantren alumni Gontor maupun pondok modern. Pondok pesantren Nurul Haramain merupakan salah satu pondok yang mengadopsi kurikulum KMI yang telah memberikan kontribusi nyata di dalam masyarakat. Pondok pesantren Nurul Haramain mendaptakan beberapa penghargaan diantaranya dalam digitalisasi dan lingkungan. Hal ini tidak lepad dari proses penerapan kurikulumnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, keteralihan, keterikatan dan kepastian.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kurikulum KMI terdiri dari intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler dengan pendekatan spiritual, intelektual, dan pergerakan. Penerapan intrakurikuler terbagi menjadi dirasat Islamiyah, dirasat lughawiyah, dan dirasat Amiyah. Ekstrakurikuler terdiri dari olahraga, sains, teknologi, Bahasa, dan entrepreneurship. Implikasi dari manajemen kurikulum KMI yaitu meningkatnya mutu pesantren Nurul Haramain Naramada dengan baik yang ditunjukan dengan berbagai kegiatan nasional maupun internasional dan proses pendidikan yang bersifat adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-15

How to Cite

Tahir, M Turmuzi, Muhammad Muhammad, and Subki Subki. “Penerapan Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pesantren”. Jurnal Kependidikan Islam 14, no. 1 (February 15, 2024): 1–10. Accessed April 17, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/3545.

Issue

Section

Articles