Implementasi Program Ashabul Akhyar Melalui Internalisasi Karakter Religius
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.66-80Keywords:
Ashabul Akhyar, Internalisasi, dan Karakter Religius.Abstract
Artikel ini mendeskripsikan hasil implementasi program Ashabul Akhyar dengan menginternalisasikan model, strategi, faktor pendukung, faktor penghambat, serta solusi dalam proses pembentukan karakter religious peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sunan Giri I Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian merupakan kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, artikel ini menggunakan teknis reduksi, display dan verifikasi data. Untuk keabsahan data, menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian pada artikel ini, menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam implementasi program Ashabul Akhyar yaitu melalui pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, analisis nilai, klasifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Sedangkan strategi yang digunakan dalam internalisasi karakter religious yakni mengunakan strategi pembiasaan, keteladanan, dan penyuluhan. Kemudian faktor pendukung yaitu kerja sama antar guru, sarana prasarana, fasilitas memadai, dan konsisten. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya pengawasan dari orang tua. Sehingga solusi dalam memecahkan penghambat-penghambat program ini perlunya dukungan penuh dari orang tua serta meningkatkan sarana untuk memenuhi proses pembelajaran.
Downloads
References
Aeni, Ani Nur, Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam, Volume 1 Nomor 1 April, 2014
Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo, 1994
Alhalabi, Abu Musthofa, Bimbingan Akhlaq Bagi Putra Puti Anda, Surabaya: Ahlam Grapcics, 1992
Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam Jakarta: Bulan Bintang, 2003
Amanah, Siti, Makna Penyuluh dan Transformasi Perilaku manusia, Jurnal Penyuluhan Desember, Vol. 4, No.1, 2007
Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, Sebuah Inner journey Melalui Islam, Jakarta: Arga, 2003
Ar, D, Strategy Character Building of Students at Excellent Schools in the City Of Banda Aceh. IOSR Journal of Research & Method in Education, 1(5), 2320–7388, 2013
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara, 1985
Asmani, Jamal Ma’mur, Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2011
Baradja, Umar Bin Achmad, Akhlaqul Banin Juz 2, Jakarta: Pustaka Amani, 1991
Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 2009
Fuad, Ihsan, 1997 Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rieneka Cipta, 1997
Gazalda, Sidi, Asas Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2003
Helmawati, Pendidikan Karakter Sehari-hari, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Hadari Nawawi dan Mimi Martiwi, Penelitian Terapan, Jakarta: Rieneka Cinpta, 2002
Kadir, Siti Fatimah, Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Infestasi Masa Depan, Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember, 2015
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Aplikasi
Listyarti, Retno, Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Erlangga Group, 2012
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005
Muchlas Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012
Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996
Mulyadi, Evaluasi Pendidikan; pengembangan Model Evaluasi Pendidian Agama di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press, 2010
Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: VC Alfabeta, 2004
Narwanti, Sri, Pendidikan Karakter pengintegrasian nilai pembentuk dalam mata pelajaran Yogyakarta: Familia Grup Relasi Inti Media, 2011
Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Kencana, 2003
Nabawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2005
Nur Hasan, Dhedy, Internalisasi Nilai Karakter Religius dalam Meningkatkan Kualitas Religius Culture Melalui Badan Dakwah Islam Di SMA Negeri 1 Kepanjen, Tesis—UIN Maulana Malik Ibrahim, 2013
Rajab, Khairunna, Psikologi Agama Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012
Ridwan, Pembentukan Karakter Religius Siswa Berbasis Pendidikan Agama di SMK Negeri 2 Malang, Tesis—Universitas Muhammadiyah Malang, 2018
Soedjono, Ahmad, Patologi Sosial, Bandung: Alumni, 2000
Siti Zulaekah dan Yuli Kusumawati, Halal dan Haram Makanan dalam Islam, Suhuf, Vol. XVII, No. 01 , 2005
Satriyani, Sitty, Peranan Guru PAI Dalam Membiasakan Sholat Berjama’ah, Jurnal Tarbawi, Volume 2 No.1
Sulhan, Najib, Pengembangan Karakter dan Budaya bangsa, Surabaya: Tempina Media Grafik, 2011
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Sukardi, Ismail, Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Journal of Islamic Education, 2016
Syam, Nur, Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaa, Yogyakarta: Kanisius, 2009
Taher, Mursal, Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan, Bandung: Al-Ma‘arif, 2007
TahidoYanggo, Huzaemah, Makanan dan Minuman Halal dalam Perspektif Islam, Jurnal Uin Syarif Hidayatullah. Vol.IXNo.2, Desember, 2013
Tim BNN, Pandangan Agama Islam Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotika, BNN Profinsi Jawa Timur, 2017
Zubaedi,“Desain Pendidikan Karakter”, Jakarta: Prenada Media Group 2012
Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi aksara, 2011
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afidah Nurul Izzati, Muhammad Abdul Fatah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.