Implementasi Program Ashabul Akhyar Melalui Internalisasi Karakter Religius

Authors

  • Afidah Nurul Izzati UIN Sunan Ampel SUrabaya
  • Muhammad Abdul Fatah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2023.13.2.66-80

Keywords:

Ashabul Akhyar, Internalisasi, dan Karakter Religius.

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan hasil implementasi program Ashabul Akhyar dengan menginternalisasikan model, strategi, faktor pendukung, faktor penghambat, serta solusi dalam proses pembentukan karakter religious peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sunan Giri I Banyuwangi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian merupakan kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, artikel ini menggunakan teknis reduksi, display  dan verifikasi data. Untuk keabsahan data, menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian pada artikel ini, menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam implementasi program Ashabul Akhyar  yaitu melalui pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kognitif, analisis nilai, klasifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Sedangkan strategi yang digunakan dalam internalisasi karakter religious yakni mengunakan strategi pembiasaan, keteladanan, dan penyuluhan. Kemudian faktor pendukung yaitu kerja sama antar guru, sarana prasarana, fasilitas memadai, dan konsisten. Adapun faktor penghambatnya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, keterbatasan media pembelajaran, serta kurangnya pengawasan dari orang tua. Sehingga solusi dalam memecahkan penghambat-penghambat program ini perlunya dukungan penuh dari orang tua serta meningkatkan sarana untuk memenuhi proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Ani Nur, Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam, Volume 1 Nomor 1 April, 2014

Al-Qur’an dan Terjemahan, Semarang: PT Kumudasmoro Grafindo, 1994

Alhalabi, Abu Musthofa, Bimbingan Akhlaq Bagi Putra Puti Anda, Surabaya: Ahlam Grapcics, 1992

Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam Jakarta: Bulan Bintang, 2003

Amanah, Siti, Makna Penyuluh dan Transformasi Perilaku manusia, Jurnal Penyuluhan Desember, Vol. 4, No.1, 2007

Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, Sebuah Inner journey Melalui Islam, Jakarta: Arga, 2003

Ar, D, Strategy Character Building of Students at Excellent Schools in the City Of Banda Aceh. IOSR Journal of Research & Method in Education, 1(5), 2320–7388, 2013

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara, 1985

Asmani, Jamal Ma’mur, Buku Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2011

Baradja, Umar Bin Achmad, Akhlaqul Banin Juz 2, Jakarta: Pustaka Amani, 1991

Daradjat, Zakiah, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, Jakarta: Bulan Bintang, 2009

Fuad, Ihsan, 1997 Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rieneka Cipta, 1997

Gazalda, Sidi, Asas Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2003

Helmawati, Pendidikan Karakter Sehari-hari, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Hadari Nawawi dan Mimi Martiwi, Penelitian Terapan, Jakarta: Rieneka Cinpta, 2002

Kadir, Siti Fatimah, Strategi Pembelajaran Afektif Untuk Infestasi Masa Depan, Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember, 2015

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Aplikasi

Listyarti, Retno, Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Erlangga Group, 2012

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005

Muchlas Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012

Muhaimin dkk, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996

Mulyadi, Evaluasi Pendidikan; pengembangan Model Evaluasi Pendidian Agama di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press, 2010

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: VC Alfabeta, 2004

Narwanti, Sri, Pendidikan Karakter pengintegrasian nilai pembentuk dalam mata pelajaran Yogyakarta: Familia Grup Relasi Inti Media, 2011

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia Jakarta: Kencana, 2003

Nabawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada Press, 2005

Nur Hasan, Dhedy, Internalisasi Nilai Karakter Religius dalam Meningkatkan Kualitas Religius Culture Melalui Badan Dakwah Islam Di SMA Negeri 1 Kepanjen, Tesis—UIN Maulana Malik Ibrahim, 2013

Rajab, Khairunna, Psikologi Agama Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012

Ridwan, Pembentukan Karakter Religius Siswa Berbasis Pendidikan Agama di SMK Negeri 2 Malang, Tesis—Universitas Muhammadiyah Malang, 2018

Soedjono, Ahmad, Patologi Sosial, Bandung: Alumni, 2000

Siti Zulaekah dan Yuli Kusumawati, Halal dan Haram Makanan dalam Islam, Suhuf, Vol. XVII, No. 01 , 2005

Satriyani, Sitty, Peranan Guru PAI Dalam Membiasakan Sholat Berjama’ah, Jurnal Tarbawi, Volume 2 No.1

Sulhan, Najib, Pengembangan Karakter dan Budaya bangsa, Surabaya: Tempina Media Grafik, 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013

Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Sukardi, Ismail, Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Journal of Islamic Education, 2016

Syam, Nur, Tantangan Multikulturalisme Indonesia: Dari Radikalisme Menuju Kebangsaa, Yogyakarta: Kanisius, 2009

Taher, Mursal, Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan, Bandung: Al-Ma‘arif, 2007

TahidoYanggo, Huzaemah, Makanan dan Minuman Halal dalam Perspektif Islam, Jurnal Uin Syarif Hidayatullah. Vol.IXNo.2, Desember, 2013

Tim BNN, Pandangan Agama Islam Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotika, BNN Profinsi Jawa Timur, 2017

Zubaedi,“Desain Pendidikan Karakter”, Jakarta: Prenada Media Group 2012

Zuriah, Nurul, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi aksara, 2011

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Nurul Izzati, Afidah, and Muhammad Abdul Fatah. “Implementasi Program Ashabul Akhyar Melalui Internalisasi Karakter Religius”. Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 2 (August 15, 2023): 66–80. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2946.

Issue

Section

Articles