Pembentukan Karakter Religius Santri di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri Melalui Kegiatan Mujahadah

Authors

  • Zuyyina Candra Kirana Institut Agama Islam Hasanuddin Pare Kediri
  • Deden Dienul Haq Institut Agama Islam Hasanuddin Pare Kediri

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.225-241

Keywords:

Karakter Religius, Santri, Pondok Pesantren

Abstract

Tradisi mujahadah tidak terlepas dari amalan yang sebenarnya sudah ada (seperti dzikir dan istighosah) dan dipraktekkan oleh para leluhur kita, para kyai dan para tokoh pahlawan sebagai bentuk riyadhah, untuk menggembleng diri sendiri serta mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kegiatan mujahadah ini juga dilakukan di pondok pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri. Maka dalam pembentukannya dengan melalui proses kegiatan mujahadah ini salah satunya adalah wirid di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri, dan upaya membentuk nilai-nilai karakter religius santri melalui kegiatan mujahadah wirid. Bentuk kegiatan mujahadah wirid di pondok pesantren Fathul ‘Ulum Kwagean Kediri ini terdiri dari tiga macam mujahadah, yaitu mujahadah harian yang dilakukan setiap hari setelah sholat Isya’ dengan waktu 15 menit, kemudian yang kedua mujahadah mingguan yang dilakukan setiap malam Jum’at dengan waktu kurang lebih 1 jam, dan yang terakhir mujahadah tahunan yang dilakukan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dengan bacaan 20 aurad. Sedang dalam upaya membentuk nilai-nilai karakter religius santri di pondok pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri selain dengan mujahadah juga dilakukan melalui beberapa kajian-kajian keilmuan seperti ilmu fiqih, usul fiqh, hadist, adab/akhlak dan yang lainnya, tapi yang menjadi pokok utama di Kwagean yaitu kitab Ihya ‘Ulumudin. Mujahadah ini juga mempunyai kaitan yang erat dalam pembentukan karakter religius santri yang mana santri mampu memiliki sikap istiqomah dalam beribadah dan mampu menggemaban tanggung jawabnya sebagai seorang santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Taufiq, Tazkiyatun Nafs (Penyucian Jiwa) Filosofi Pendidikan Islam dalam Membangun Akhlak. Kediri: PT Sahabat Muda Bersinar, 2009.

Abdul Qodir Isa, Hakekat Tasawuf, Jakarta: Qitshi Press, 2005.

A. Khoirul, “NU Online Bantul”, http://www.nu.or.id/post/read/43714/mujahadah-untuk-membasuh-ruhani, 12 April 2013, diakses tanggal 19 Desember 2018.

Afifuddin, “Pendekatan Sufistik Dalam Sistem Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi Studi Fenomenologis Program Pencerahan Abdul Wahib, Psikologi Agama Pengantar Memahami Perilaku Agama, Semarang: Karya Abadi Jaya, 2015.

Abdullah Abdul Husain at Tariqi, Ekonomi Islam Prinsip, Dasar dan Tujuan (Yogyakarta: Magistra Insania Press, 2004), h. 139.

Apipudin, STUDIA DIDKATIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Agus Zaenal Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

A. Mustofa, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Achmad Mubarok, Panduan Akhlak Mulia: Membangun Manusia Bangsa Berkarakter (Jakarta: PT Bina Rena Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset,2012.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset,2012.

Bukhori, “Dzikir Mujahadah di Pondok Pesantren Thoriqul Huda Babadan Ponogoro Study living Qur’an”, (Skripsi, Program S1Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STAIN Ponorogo, Ponorogo).

Dwiwiyati Astogini, Wahyudin, dan Siti Zulaikha Wulandari, “Aspek Religiusitas dalam Keputusan Pembelian Produk Halal (Studi tentang labelisasi halal pada produk makanan dan minuman kemasan)”, JEBA, Vol. 3, No. 1 (Maret, 2011.

Fauzil Adhim, Positivie Parenting: Cara-cara Islami Mengembangkan Karakter Positif Pada Anak (Bandung: Mizan, 2006.

Jalaludin, Psikologi Agama (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Kirana, Zuyyina Candra, and Deden Dienul Haq. “Pembentukan Karakter Religius Santri Di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri Melalui Kegiatan Mujahadah”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 2 (August 15, 2022): 225–241. Accessed May 10, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/2129.

Issue

Section

Articles