Strategi Pemasaran Madrasah Berbasis Digital Hubungannya dengan Minat Peserta Didik

Authors

  • Nina Nurul Jannah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Yaya Suryana UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
  • Heri Khoeruddin UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.2.127-137

Keywords:

Strategi, Pemasaran Digital, Minat.

Abstract

Media digital dalam pemasaran madrasah merupakan media yang baik di era serba digital saat ini. Akar masalah pada penelitian ini rendahnya optimalisasi madrasah dalam memanfaatkan media digital sebagai media untuk melakukan pemasaran. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif inferensial dan menggunakan jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji pengaruh. Strategi pemasaran madrasah berbasis digital terdapat korelasi atau hubungan dengan minat peserta didik, hasil perhitungan analisi koefisien korelasi diperoleh nilai 0,411. Terdapat pada tingkat kekuatan yang sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 – 0,60. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa hipotesis H0 ditolak dan Hα diterima. Hasil uji pengaruh diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,411 yang memiliki  arti dalam penilaian bahwa kontribusi strategi pemasaran madrasah berbasis digital terhadap minat peserta didik di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Majalengka sebesar 41%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chakti, Andi Gunawan. 2019. The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa.

Chole, N., & Dharmik, K. M. (2018). Digital Marketing & Social Media. International Conference Business Remodelling: Exploring New Initiatives In Key Business Functions (pp. 163-167). Nagpur: Tripude Institute of Management Education.

Dayat, M. 2019. "Strategi Pemasaran dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan." Jurnal Mu"alim Volume 1 (2).

Dewi Kurniawati, and Nugraha Arifin. 2015. "Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa." Jurnal Simbalika Volume 1 (2).

Donni Juni Priansa. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Faizan, Imam. 2017. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah.” Jurnal Madaniyah Volume 7 (2).

Ferdinad, A. 2014. Metodologi Pedomanan Penelitian Skripsi Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi 5 Semarang: Badan Penerbit Unifersitas Diponegoro.

Fuady, Zainol. 2019. "Pengaruh Kualitas Jasa dan Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Capture Pekanbaru". JOM FISIP Volume:6 (II).

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Mahhbub, and eva Hunia Zen. 2020. “Pengaruh Promosi Pendidikan Terhadap Minat Peserta Didik Baru MAN 3 Banyuwangi.” JAMPID (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darusalam Volume:2 (1).

Pratiwi, Zakiyah Eka. 2017. Pelaksanaan Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru. Surakarta: IAIN.

NST, Muhammad Fakhru Rizky, and Hanifah Yasin. 2014. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirm Medan.” Jurnal Manajemn & Bisnis Volume 14 (02).

Rapitasari, Diana. 2016. “Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Cakrawala volume 10, (1).

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Jannah, Nina Nurul, Yaya Suryana, and Heri Khoeruddin. “Strategi Pemasaran Madrasah Berbasis Digital Hubungannya Dengan Minat Peserta Didik”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 2 (August 15, 2022): 127–137. Accessed May 10, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1785.

Issue

Section

Articles