PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI ESKTRAKURIKULER PROGRAM PENDIDIKAN SETARA D1 TEKNOLOGI INFORMASI DAN INFORMASI (PRODISTIK)

Authors

  • Shella Armavia UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

: Pengembangan Kreativitas, Ekstrakurikuler, Prodistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi ekstrakurikuler prodistik, pengembangan kreativitas siswa, dan
faktor pendukung serta penghambat melalui ektrakurikuler Prodistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Subyek dari penelitian ini adalah instruktur ekstrakurikuler dan Kepala Madrasah serta pembina ekstrakurikuler Prodistik
Obyek penelitian ini ialah pengembangan kreativitas siswa melalui ekstrakurikuler Prodistik. Data penelitian diperoleh
melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Program ekstrakurikuler
prodistik ini mengajarkan tentang teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian siswa yang selesai mengikuti akan
mendapat ijazah yang setara dengan pendidikan diploma satu yang dikeluarkan oleh ITS Surabaya (2) Pengembangan
kreativitas siswa di MAN Sidoarjo dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Prodistik. Kegiatan tersebut selalu
mendapat monitoring langsung dari ITS Surabaya. (3) Faktor yang mendukung ialah adanya pendanaan, sarana dan
prasarana serta instruktur yang berkompeten. Sedangakan yang menjadi faktor penghambat adalah dari siswa sendiri yang
kurang bisa mengatur jadwal ekstrakurikuler dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. (Jakarta: PT. Bumi

Aksara)

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Metode dan Paradigma Baru. (Bandung: PT.REMAJA

ROSDAKARYA)

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: PT.Bumi Aksara).

Bawani, Imam. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. (Sidoarjo: Khazanah Ilmu)

B., Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. (Jakarta: Rineka Cipta)

Damin, Sudarman. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. (Bandung: Pustaka Setia)

Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi. (Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya)

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. (Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media)

Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. (Bogor : Ghalia Indonesia)

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, https://kbbi.web.id/wawancara.html diakses pada 24 Februari

pukul 13.00

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, Kamus Besar Bahasa Indonesia Online,

https://kbbi.web.id/kreativitas.html diakses pada 10 Desember 2018 pukul 16.48

Kenedi. 2017. “Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Negeri 3

Rokan IV Koto.” Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, Vol. 3 No. 2 (Juni)

Kompri. 2017. Manajemen Pendidikan. (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Mahmud, Marzuki. 2012. Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. (Jakarta : PT. Graffindo Persada)

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. (Bandung : Remaja Rosdakarya)

Mulyasa. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Jakarta : PT. Bumi Aksara)

Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. (Jakarta: Rineka Cipta)

Musfiqon, H. M.. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya)

Shella Armavia Andaresta1*

JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Volume 10, Nomor 1, Tahun 2020

QS. Ar – Ra’d Ayat 11.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi dalam Pengembangan Kreativitaspada Anak Usia Taman

Kanak – kanak. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Rusman, Kurniawan Deni. 2013. Pembelajaran Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan

Profesionalitas Guru. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group)

Sutrisno. 2011. Pengantar Pembelajaran Inovatif. (Jakarta: Gaung Persada)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003

Yakub dan Vico Hisbanarto. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. (Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2020-02-13

How to Cite

Shella Armavia. “PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA MELALUI ESKTRAKURIKULER PROGRAM PENDIDIKAN SETARA D1 TEKNOLOGI INFORMASI DAN INFORMASI (PRODISTIK)”. Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (February 13, 2020): 65–82. Accessed April 28, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1751.

Issue

Section

Articles