PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIKAN NONFORMAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Retno Shiama Varelasiwi UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Manajemen Layanan, Kepuasan Peanggan, BMB Air-Langga Wates Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan nonformal dan kepuasan pelanggan serta
pengaruh manajemen pendidikan nonformal terhadap kepuasan pelanggan di di BMB Air-Langga WatesKediri. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode kuantitatif yang menggunakan
kuesioner dan dokumentasi untuk melengkapi hasil penelitian. Responden dalam peneilitian ini berjumlah
40 responden yang merupakan pupolasi dari jenjang SMA di lembaga bimbingan dan motivasi belajar Airlangga. Terdapat dua variabel yaitu manajemen layanan pendidikan sebagai variabel X dan kepuasan
pelanggan sebagai variabel Y. untuk menganalisis data menggunakan SPSS versi 16 dan product moment
dengan hasil (1) manajemen layanan pendidikan di BMB Air-Langga Wates-Kediri tergolong baik dengan
interpretasi skor 101,43 (2) manajemen pelayanan tergolong baik pada r interpretasi skor 80.05. (3) dan
hasil dari korelasi product moment diketahui hasil dari signifikannya ialah 0,000 < 0,005 dan r-hitung
0,664> 0,312 (r-tabel). Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa manajemen layanan pendidikan terhadap
kepuasan pelanggan memiliki nilai positif dan searah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsismi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Asrohah, Hanun. Manajemen Mutu Pendidikan. Surabaya. UINSA PRESS.

Azwar, Saifudin. 2011. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Azwar. 2002. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Belajar..

Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitan Kuantitatif “ Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik

Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainya”. Jakarta. Kencana.

Daryanto. 2014. Konsumen dan Pelayan Prima. Yogyakarta. Gava Media.

Faisal, Sanaipah dan Abdillah Hanafi. 1997. Pendidikan Non Formal. Surabaya. Usaha Nasional.

Ghoni, Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendidikan

kuantitatif. Malang. UIN-Malang Press.

Pengaruh Manajemen Pendidikan Nonformal Terhadap Kepuasan Pelanggan

JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Volume 10, Nomor 1, Tahun 2020

Hajar, Ibnu.2009. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif dalam pendidikan. Jakarta. PT. Raja

Grafindo Persada.

Handi, Irawan,. 2002 .Prinsip kepuasan Pelanggan . Jakarta. Gramedia.

Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta. Bumi Aksara.

Hasbullah. 1999. Dasar-Dasar llmu Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Irianto, Agus. 2007. Statistik Konsep Dasar dan Apliasinya. Jakarta. Kencana.

Jtiptono, Fandi. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta. Andi.

Juliansyah, Noor . 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta. Kencana Pernada Media Group.

Kholis, Nur. 2014. Manajemen Strategi Pendidikan(Formulasi, Implementasi, dan Pengawasan. Surabaya.

UIN SUNAN AMPEL PREES.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran, jilid 1 & 2 edisi Milenium. Jakarta. PT. Prenhalindo.

Kurniadin, Didin dan imam machali. 2016. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan

Pendidikan. Yogyakarta. Arruz Media.

Lupiyadi, Rambut dan A. Handayani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Lupiyadi, Rambut dan A. Handayani. 2006. Manajemen Pemasaran jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal. Bandung. PT Remaja Rosdakarya..

Musfah, Jejen. 2015. Manemen Pendidikan (Teori, Kebijakan, dan Praktik). Jakarta. prenada media

group.

Nurlailah. 2014. Manajemen Pemasaran. Surabaya. UIN Sunan Ampel Press.

Rahmawati, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta. Graha lmu.

Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2009. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Riwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Silalahi, Aripin. 2006. Progam kelas. Jakarta. Sidikalang.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.

Sugihartono. 2007.Psikologi Pendidikan. Yogyakarta. UNY Press.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsemen. Bogor. Ghalia Indonesia.

Suryabrata, Suryadi.1983. Metodologi Penelitian. Jakarta. Rajawali.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen jasa. Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality, and Satisfaction edisi 4. Yogyakarta. Andi Offset.

Triwiyanto, Teguh. 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta. bumi aksara.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional, Bab 1, Pasal 1.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 80

tahun 2013 Tentang Pendirian Pendidikan Nonformal. Bab 1 Pasal 1.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 23 Tahun 2013 Tentang Perubahan

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 Tentang Standart Nasional Pendidikan. Paragraf 4 Pasal

L. Bagian Lima.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Retno Shiama Varelasiwi1*

JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Volume 10, Nomor 1, Tahun 2020

Skripsi Rustian Zaka Rullah. 2015. Strategi Pelayanan dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah dalam

Sistem Murabahah pada Leasing FIF Syari’ah Taman Palem Jawa Barat. Jakarta. Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Skripsi Rizka Rahma Nur Baiti. 2017. Evaluasi Kualitas Layanan Bimbingan Belajar Dengan Model 4D

(Dissatisfaction, Disconfirmation, Dissonance danDisaffected) di Lembaga Bimbingan Belajar

Primagama Nginden Intan Surabaya. Suarabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Skripsi Discrafry Dela MP. 2012. Analisis Kualitas Layanan dalam meningkatkan Kepuasan Pelanggan

GSM Mentari pada PT Indosat Tbk. Makasar. Makasar. Universitas Hasanuddin Makassar.

http://www.bmbairlangga.com/tentang-kami, diakses pada 12 Agustus 2019

http://www.bmbairlangga.com/visi-kami, diakses pada 12 Agustus 2019

http://www.bmbairlangga.com/keunggulan, diakses pada 12 Agustus 2019

Downloads

Published

2020-02-12

How to Cite

Retno Shiama Varelasiwi. “PENGARUH MANAJEMEN PENDIDIKAN NONFORMAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN”. Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (February 12, 2020): 47–64. Accessed April 28, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1750.

Issue

Section

Articles