IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Authors

  • Mochammad I'lam Thoyyiba UIN Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

upervisi Pendidikan, Kompetensi Kepribadian Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pendidikan yang ada di madrasah, dalam
meningkatkan kompetensi guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai informan kunci yang didukung dengan waka
kurikulum, guru mata pelajaran dan juga staff admtetaTeknik yang dihunakan untuknoengumpuan data yakni
melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah
peranannya sebagai supervisor sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama yakni setiap satu semester sekali
dimana supervisor berperan sebagai pemimpin, motivator, konsultan dan evaluator. (2) Kompetensi yang ditandai
dengan penerapan indikator dari kompetensi kepribadian itu sendiri yang mana dapat dinilai dari, nilai kedisiplinan,
bertindak sesuai norma sosial seperti bertutur kata yang sopan, berpenampilan menarik, berperilaku santun dan lain
sebagainya. (3) Atau pelaksanaan supervisi pendidikan dalam peningkatan kompetensi guru terdapat peningkatan
terhadap kompetensi guru yang terbukti dengan hasil rekapan penilaian supervisi dan dapat diketahui bahwa guru
mengalami peningkatan kompetensi kepribadian dengan tingkat keterlambatan guru yang menurun dari sebelumnya
dilakukan kegiatan supervisi yakni berjumlah 5 orang, menjadi 2 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi Nur. 2016. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan , (Yogyakarta: Gosyen Publishing)

Andul Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media)

Asmani Jamal Ma’mur. 2013 Internaisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: TERAS)

Bawani Imam, Metodoogi Penelitian Pendidikan Islam, (Sidoarjo: Khazanah Ilmu, 2016)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai

Pustaka)

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2003. Standar Kompetensi Guru Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama,

Hendiyat Soetopo. 1998. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan (Malang: PT Bina

Aksara)

Implementasi Supervisi Dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru

JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

Volume 10, Nomor 1, Tahun 2020

https://www.cnnindonesia.com/ dikutip 22 februari 2019, pukul 22.00 WIB

https://www.voaindonesia.com/ dikutip 22 februari 2019, pukul 22.00 WIB

Jamal Ma’mur Asmani. 2009. 7 kompetensi Guru menyenangkan dan professional (Yogyakarta: Power Books)

John M. Echols & Hasan Shadily, Kamus Bahasa Ingris-Indonesia Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan; Komponenkomponen Elementer Kemajuan Sekolah (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA)

Lazaruth Soewadji. 2000. Kepala Sekolah dan Tanggungjawabnya, (Yogyakarta: Penerbit Kanisius)

Lexy Moleong J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset)

Maryono. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi supervisor Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Peendidikan, (Jakarta: Gaung Persada Perss)

Mulyasa E. 2011. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara)

Mulyasa E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Mulyasana Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing (Bandung: Rosda)

Musfah Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Sumber Belajar Teori dan Praktek, (Jakarta: Prenada Media Group,

Musfiqon. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher)

Pidarta Made. 1999. Pemikiran Tentang Supervisi (Jakarta: Bumi Aksara)

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3, (Jakarta: Balai Pustaka,

Riduwan, Metode Riset, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)

Sudaryono. 2014. Educational Reserch Methodology, (Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia)

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif, (Yogyakarta: Hikayat Publishing)

Syah Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Syaifuddin. 2006. Design Pembelajaran dan Implementasinya, (Ciputat: PT. Quantum Teaching)

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wibowo Agus, Menjadi Guru Berkarakter (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).

Downloads

Published

2020-02-12

How to Cite

Mochammad I’lam Thoyyiba. “IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU”. Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (February 12, 2020): 36–46. Accessed April 27, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1749.

Issue

Section

Articles