Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha

Authors

  • Siti Maryam Wilda Al Aluf UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2020.10.2.224-238

Keywords:

Sarana dan Prasarana, Efektivitas Belajar, Lembaga Pendidikan Diniyah Formal Al Fithrah Surabaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh sarana prasarana terhadap efektivitas belajar siswa kelas 3 tingkat wustha di Pendidikan Diniyah Formal tingkat Wustho Al-fithrah, hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapas besar pengaruh sarana dan prasarana di Lembaga Pendidikan Diniyah Formal Al Fithrah Surabaya. Peneliti menggunakan metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif menekankan pada pengujian data dengan prosedur spss yang melalui tahap uji validitas, uji releabilitas, uji normalitas, dan tahap terakhir untuk mengetahui hasil penelitian peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sarana dan prasarana telah diterapkan oleh Pendidikan Diniyah Al Fithrah mendapatkan hasil akhir 79,5% dengan kategori baik. Efektivitas belajar siswa tergolong “baik” dengan perolehan hasil 79,5% dan berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana membuktikan bahwa semakin baik sarana dan prasarana lembaga akan berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa kelas 3 Tingkat Wustha di Lembaga Pendidikan Diniyah Formal Al-Fitrah Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, (Aditya Mediabekerjasama dengan FIP dan UNY: Yogyakarta, 2008)

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004)

Ibrahim Bafadal, Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, (Jakarta : PT Bumi Aksara,2003)

Aan Komariyah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah yang Efektif, (Bandung : Bumi Aksara, 2005)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta : PT Rineka cipta, 1995)

Appley A, Lawrence, dan Oey Liaang Lee, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Salemba Empat, 2010).

Ibrahim Bafadal, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, (Jakarta : Bumi Aksara, 2003)

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002) Cet Ke-2

H. M. Daryanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011)

Soetjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009) Cet. 4

Thalib Kasan, Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan, (Jakarta : Studia press,2000)

Asrohah Hanun, Manajemen Mutu Pendidikan, (Surabaya : CV. Cahaya Intan XII, 2014)

Rohiat, Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik, (Bandung: PT. Refika Aditama, 2006)

Ari Gunawan, Administrasi Sekolah,(Jakarta : Rineka Cipta,1996)

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, op. cit., hlm 31. 70 Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008), cet. V

Aan Komariyah dan Cepi Triatna, Visionary Leadership Menuju Sekolah yang Efektif, (Bandung : Bumi Aksara, 2005),

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: PT. RINEKA CIPTA, 1995)

Sinambela, N.J.M.P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Lexy J.Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2011)

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis,(Bandung: CV Alfabeta, 2007)

Nurul Zuriyah, Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan teori dan aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Ari Gunawan, Administrasi Sekolah,(Jakarta : Rineka Cipta,1996)

Sinambela, N.J.M.P. 2006. Keefektifan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linear dan Kuadrat di Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Selatan Sumatera Utara. Tesis. Surabaya : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi, ( Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan,( Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis,( Bandung: Alfabeta, 2004)

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru,(Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,2012)

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan,( Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Mahi M. Hikmat, Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011)

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Thesis, (Bandung: Alfabeta, 2006)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Thesis, (Bandung: Alfabeta, 2006)

Agus Irianto, Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya, (Jakarta: Kencana, 2007)

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, (Jakarta : Bumi Aksara, 2006)

Irianto Agus, Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya, ( Jakarta: Prenada Media, 2004)

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian, (Jakarta: Bumi Aksara,2006.

Downloads

Published

2020-08-17

How to Cite

Al Aluf, Siti Maryam Wilda. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Kelas 3 Tingkat Wustha”. Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 2 (August 17, 2020): 224–238. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1737.

Issue

Section

Articles