Peran Komunitas Batalyon dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.261-272Keywords:
Pendidikan Agama Islam Non Formal, Komunitas BatalyonAbstract
Latar belakang munculnya ide untuk membahas penelitian yang berjudul “Peran Komunitas Batalyon Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal Terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya” adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi komunitas Batalyon dalam menerapkan pendidikan agama Islam non formal di Kampung Kupang Gunung. Selain ingin mengetahui tentang strategi pendidikan islam non formal, hal yang lebih ditekankan dalam penelitian ini adalah peran komunitas Batalyon Surabaya terhadap pemuda kampung Kupang Gunungdalam pengembangan pendidikan agama Islam non formal pasca penutupan lokalisasi dolly. Teori atau metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memakai penelitian kualitatif naratif, maksudnya adalah data naratif berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari orang-orang perilaku dan peristiwa atau tempat tertentu secara rinci.Metode kualitatif ini digunakan karenametode ini
lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan yang berbeda ketika di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh komunitas batalyon surabaya dalam mengembangkan pendidikan agama Islam non formal adalah pendekatan secara langsung kepada masyarakat setempat dan peran komunitas ini terhadap pemuda kampung Kupang Gunung pasca penutupan lokalisasi dolly sangat besar, hal ini diakui oleh mayoritas masyarakat baik dari kalangan masyarakat biasa maupun dari kalangan kyai(ulama).
Downloads
References
A, M, Yusuf. Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana, 2014.
Abdulhak, Ishak. Ugi Suprayogi, Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal, Jakarta, PT Raja Grafindo Pustaka.2012.
Abdullah, Ishak. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
an-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, terj. Shihabuddin (Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
Faisal, Sanapiah. Pendidikan non Formal Di dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional, Surabaya, Usaha Offset Printing, 1981.
H, Kristanto V. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Yogyakarta: CV Budi Utama,2018.
Hartono, Djoko. Pengaruh Spiritualitas terhadap Keberhasilan Kepemimpinan, Disertasi Pascasarjana UIN Sunan Ampel, Surabaya: Pascasarjana UINSA, 2010.
Sanapiah. Format-Format penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Semiawan, Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo,2010.
Sudjana. Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas, Bandung: Falah Production, 2004.
Sutabri, Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012. Suti’ah, Muhaimin. Sugeng Listya Prabowo, Manajemen Pendidikan, Jakarta:
Kencana Prenada Media Group,2009.
W, Suwendra, I. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan, Bandung: NilaCakra,2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Moch. Supriadi Al Furqoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.