Peran Komunitas Batalyon dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya

Authors

  • Moch. Supriadi Al Furqoni UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.261-272

Keywords:

Pendidikan Agama Islam Non Formal, Komunitas Batalyon

Abstract

Latar belakang munculnya ide untuk membahas penelitian yang  berjudul “Peran Komunitas Batalyon Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal Terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya” adalah ketertarikan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi komunitas Batalyon dalam menerapkan pendidikan agama Islam non formal di Kampung Kupang Gunung. Selain ingin mengetahui tentang strategi pendidikan islam non formal, hal yang lebih ditekankan dalam penelitian ini adalah peran komunitas Batalyon Surabaya terhadap pemuda kampung  Kupang Gunungdalam pengembangan pendidikan agama Islam non formal pasca penutupan lokalisasi dolly. Teori atau metode yang digunakan dalam penelitian  ini yaitu memakai penelitian kualitatif naratif, maksudnya adalah data naratif berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari orang-orang perilaku dan peristiwa atau tempat  tertentu  secara  rinci.Metode  kualitatif  ini  digunakan  karenametode  ini



lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan yang berbeda ketika di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh komunitas batalyon surabaya dalam mengembangkan pendidikan agama Islam non formal adalah pendekatan secara langsung kepada masyarakat setempat dan peran komunitas ini terhadap pemuda kampung Kupang Gunung pasca penutupan lokalisasi dolly sangat besar, hal ini diakui oleh mayoritas masyarakat baik dari kalangan masyarakat biasa maupun dari kalangan kyai(ulama).

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, M, Yusuf. Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana, 2014.

Abdulhak, Ishak. Ugi Suprayogi, Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Non Formal, Jakarta, PT Raja Grafindo Pustaka.2012.

Abdullah, Ishak. Teknologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

an-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, terj. Shihabuddin (Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Faisal, Sanapiah. Pendidikan non Formal Di dalam Sistem Pendidikan dan Pembangunan Nasional, Surabaya, Usaha Offset Printing, 1981.

H, Kristanto V. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Yogyakarta: CV Budi Utama,2018.

Hartono, Djoko. Pengaruh Spiritualitas terhadap Keberhasilan Kepemimpinan, Disertasi Pascasarjana UIN Sunan Ampel, Surabaya: Pascasarjana UINSA, 2010.

Sanapiah. Format-Format penelitian Sosial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Semiawan, Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo,2010.

Sudjana. Pendidikan Nonformal, Wawasan, Sejarah Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Asas, Bandung: Falah Production, 2004.

Sutabri, Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2012. Suti’ah, Muhaimin. Sugeng Listya Prabowo, Manajemen Pendidikan, Jakarta:

Kencana Prenada Media Group,2009.

W, Suwendra, I. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan, Bandung: NilaCakra,2018.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Al Furqoni, Moch. Supriadi. “Peran Komunitas Batalyon Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Non Formal Terhadap Pemuda Kampung Kupang Gunung Pasca Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2021): 261–272. Accessed May 7, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1728.

Issue

Section

Articles