Implementasi LVEP (Living Value Education Program) di Lembaga Pendidikan Islam

(Studi Kasus di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Mojopuro Gede Bungah-Gresik)

Authors

  • Moh. Faidzin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.82-90

Abstract

LVEP (Living Values Education Program) adalah program pendidikan nilai yang mempunyai jaringan internasional yang menawarkan pelatihan dan metode praktis bagi para guru, fasilitator bahkan orang tua dan pendamping anak. Tujuan LVEP ini adalah menghidupkan apa yang sudah ada, dan menyediakan alat untuk memahami apa dampak dari suatu tindakan pada diri sendiri, orang lain dan masyarakat serta meningkatkan kemampuan kepemimpinan berdasarkan nilai-nilai tersebut.

Dalam rangkaian pelaksanaan LVEP, aktifitas reflektif dan visualisasi membantu peserta didik untuk menggunakan kreativitas dan bakat-bakat mereka. Aktivitas komunikasi mengajarkan mereka` mengimplementasikan keterampilan sosial yang penuh damai. Aktivitas seni, lagu-lagu dan gerakan-gerakan menginspirasi peserta didik untuk berkespresi sambil mengalami langsung nilai yang sedang diajarkan. Aktivitas permainan mengajak peserta didik untuk berfikir dan bersenang-senang yaitu pada saat diskusi sehingga mampu mengeksplorasi sikap-sikap dan perilaku-perilaku yang berbeda. Aktivitas lainnya menstimulasi kesadaran akan tanggung jawab pribadi dan sosial serta keadilan sosial. Diseluruh rangkaian aktivitas ditekankan pula perkembangan harga diri dan toleransi.

Alasan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Mojopuro Gede Bungah-Gresik menjadikan LVEP sebagai program unggulan karena aktivitas LVEP mencakup  nilai-nilai kedamaian, penghargaan, kasih sayang, toleransi, kejujuran, kerendahan hati, kerjasama, kebahagiaan, tanggung jawab, kesederhanaan, kebebasan dan persatuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Hasanah, Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: Insan Komunika, 2012.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikan Karakter Bandung: Pustaka Setia, 2010

Bogdan and Steven, Introduction to Qualitative Research: A Phenomenological Approach to The Social SciencesBerverly Hill, CA: SAGE Publications, Inc., 1985.

C. Thomas Philips, Family as The School of Love, makalahpada International Conference on Character Building, Jakarta, 25-26 November 2000.

Darajat, Zakiah Pembinaan Remaja Jakarta: Bulan Bintang, 2008.

Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo, 2010.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Endang Sumantri, Pendidikan Karakter sebagai Pendidikan Nilai: Tinjauan Filosofis, Agama dan Budaya,disampaikan pada seminar Pendidikan Karakter Jakarta: 23 Mei 2009.

Faisal, Sanapiah Format-Format Penelitian Sosial Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1989.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2013.

Hamzah Ya’qub, Etika Islam Bandung:Diponegoro, 1996.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.

K. Bertens, Etika Jakarta: Gramedia, 2011 Kementerian Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat, Desain Induk Pembangunan Karakter Bangsa Jakarta: Kementerian Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat, 2010.

Lincol & Guba, Naturalistic Inquiry Beverly Hill, CA: SAGE Publications, Inc., 1985.

M. Susanto, “Kenakalan Remaja dan Cinta di Indonesia”, Deteksi, (Jakarta), 18 Maret 2000.

Masyhud, Sultan Manajemen Pondok Pesantren Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Noor Anggraini, Diana Implementasi Living Values Activities dalam Pengembangan Nilai-Nilai Karakter SiswaBandung: UPI, 2012. Papini,”Family Intervention”, in ArcherS. L, Intervention for Adolescnt Identity Development (California:Sage Publication, 1994.

Shofan, Moh. Pendidikan Karakter: Pendidikan Menghidupkan Nilai untuk Pesantren, Madrasah dan Sekolah,Jakarta: The Asia Foundation, 2017.

Suandi Hamid, Edy dan Muhammad Sayuti, Menyingkap Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di Indonesia Jakarta: Aditya Media, 2012.

Tafsir, Ahmad Pendidikan Agama dalam Keluarga, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Tillman, Diane dan Pikar Quera Colomina, Living Values: An Educational Program-LVEP Educator Training Guide New Dehli: Sterling Publishers Private Limited, 2000.

Wahyu,”Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa”, dalam Danim Budimansyah dan Kokom Komalasari, Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa Bandung: Widya Aksara Press dan Laboratorium PKn UPI, 2011.

Widjoyanto, Bambang, Koruptor Itu Kafir: Telaah Fiqih Korupsi dalam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Bandung: Mizan, 2010.

Yulaelawati, Ella, Pendidikan Keluarga Dasar Pendidikan Karakter, makalah pada Seminar dan Lokakarya Pendidikan Karakter Bangsa dan Penguatan Kelembagaan Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Jakarta, 9 Juni 2012.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Faidzin, Moh. “Implementasi LVEP (Living Value Education Program) Di Lembaga Pendidikan Islam: (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Mojopuro Gede Bungah-Gresik)”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 82–90. Accessed May 5, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1699.

Issue

Section

Articles