Strategi Kepala Sekolah dalam Menciptakan Sekolah Sehat melalui Program Zero Waste

Authors

  • Muchammad Musa Alfaruk Musa UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.72-81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai bagaimana strategi kepala sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program zero waste. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, perwakilan tenaga pendidik, ketua program zero waste dan siswa di SMP Al Islah Surabaya. Obyek penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam menciptakan kepala sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program zero waste. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini mendeskripsikan bahwa strategi kepala sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program zero waste di SMP Al Islah Surabaya terdiri dari meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menerapkan konsep manajemen, menigkatkan Sarana-prasarana demi menunjang sekolah sehat, membiasakan warga sekolah untuk hidup sehat, menciptakan sekolah 0 sampah. strategi kepala sekolah dalam menciptakan sekolah sehat melalui program zero waste di SMP Al Islah Surabaya. Faktor pendukung antara lain 1) Kepala Sekolah yang tidak berhenti untuk mengsosialisasikan kepada warga sekolah, 2) adanya partisipasi warga sekolah yang baik. Dan faktor penghambat, 1) perombakan fasilitas yang ada di kantin, mengubah kebiasaan untuk tidak menggunakan sampah plastik sangat sulit. 2) sulitnya mensosialisasikan agar semua warga sekolah untuk membiasakan membawa tempat makan dan minum sendiri. 3) membuang sampah pada tempatnya meskipun itu melihat sampah yang bukan sampah miliknya. 

Kata Kunci: Strategi, Kepala sekolah, zero waste

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indrawati, Ratih, November 19, 2020. https://tunashijau.id/2019/05/ratih-indrawati-energi-positif-ecopreneur-smp-al-islah/.

Irwandi, Satria. “Peran Sekolah dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar.:Jurnal Pendidikan,” March 2016.

Karuniastuti, Nurhenu. “Bahaya Plastik Terhadap Kesehatan dan Lingkungan.” Jurnal Forum teknologi 3, no. 1 (n.d.): 6.

Mimi Martini, Hadari Nawawi. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Rajawali Press, 1992.

Mukhtar. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar”.”Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 03, no. 3 (2015): 105.

———. “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar”.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 03, no. 3 (2015): 107.

Muspawi, Mohammad. “Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional”.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 2 (July 2020): 403.

Muchammad Musa Alfaruk Pradita, Herdita Nurha. “Implementasi Program Sekolah Sehat di SDN Tegalrejo 1 Yogyakarta.” Jurnal Kebijakan Pendidikan, no. 6 (2017): 21.

SMP Al Ishlah Surabaya, November 19, 2020. https://instagram.com/smpalislah.surabaya?igshid=18c6c5j2x7m2x.

Taryatman. “Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar untuk Membangun generasi Muda yang Berkarakter.” Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 3 (September 1, 2016): 8.

Taufiqurokhman. Manajemen Strategik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, 2016.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Musa, Muchammad Musa Alfaruk. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Sekolah Sehat Melalui Program Zero Waste”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 72–81. Accessed May 5, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1693.

Issue

Section

Articles