Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo

Authors

  • Muhammad Fakih Khusni UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Muh Munadi UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Abdul Matin UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71

Keywords:

Merdeka Belajar, KMA Nomor 183 dan 184 Tahun 2019, MIN 1 Wonosobo.

Abstract

Pendidikan memiliki tujuan untuk mencetak generasi yang cerdas dan memiliki karakter yang berbudi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi merdeka belajar pada MIN 1 Wonosobo yang berdasar pada KMA Nomor 183 dan 184 tahun 2019. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek yang diamati adalah MIN 1 Wonosobo.  Data berupa dokumen. Strategi penelitian menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan KMA Nomor 183 tahun 2019 mengenai perancangan kurikulum di MIN 1 Wonosobo dirancang dengan berbagai pola, diantaranya adalah penggunaan struktur kurikulum yang berlaku pada semua mata pelajaran umum dan Mapel PAI- Bahasa Arab untuk  semua kelas. Kurikulum pendukung seperti intrakurikuler, kurikuler dan ekstrakurikuler. Kemudian KMA Nomor 184 tahun 2019 mengenai pedoman implementasi berupa program prioritas, pengembangan diri dan pendidikan kecakapan hidup. Sedangkan untuk implementasi merdeka belajar, MIN 1 Wonosobo belum sepenuhnya menerapkan. Hal ini dibuktikan dari tabel yang menunjukkan banyaknya beban belajar dan mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Al-Yassu’i, F. L. M., & Al-Yassu’i, F. B. T. (2002). Kamus Al-Munjid. Dar al-Masyriq.

Asadullah, M. N., & Maliki. (2018). Madrasah for Girls and Private School for Boys? The Determinants of School Type Choice in ‎Rural and Urban Indonesia. International Journal of Educational Development, 62(November 2017), 96–111. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2018.02.006

Kementrian Agama RI. (2015). Madrasah Indonesia: Madrasah Prestasiku, Madrasah Pilihanku. Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Makruf, R. B. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Swasta. El Hikmah Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Islam, 10(1).

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2001). Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik dan Pertengahan. PT. Raja Grafindo Persada.

Oliva, P. F. (2009). Developing the Curriculum. Pearson Education.

Roy, S., Huq, S., & Rob, A. B. A. (2020). Faith and Education in Bangladesh: A Review of the Contemporary Landscape and Challenges. International Journal of Educational Development, 79, 102290. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2020.102290

Simanjuntak, I. (1973). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Taba, H. (2010). Curriculum Development: Theory and Practices. Harcourt, Brace and World.

Widdah, M. El, Suryana, A., & Musyaddad, K. (2012). epemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Alfabeta.

Widodo, B. (n.d.). Biografi: Dari Suwardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Makalah Seminar “Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Jurnal Ilmiah Mandala Education. Jurnal Ilimiah Mandala Education, 6(1), 126–136.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Fakih Khusni, Muhammad, Muh Munadi, and Abdul Matin. “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di MIN 1 Wonosobo”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 60–71. Accessed May 4, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1608.

Issue

Section

Articles