Pengaruh Penerapan Aplikasi SIDIA terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal pada Masa Pandemi Covid-19 di TPQ Se-Kecamatan Gubeng Kota Surabaya

Authors

  • Febriana Kurnia Dewi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Irma Soraya UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.223-239

Keywords:

Aplikasi SIDIA, Pendidikan Non-formal, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak besar dalam dunia pendidikan, penyelenggaraan pendidikan harus dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan untuk menekan lajunya persebaran covid-19. Pendidikan non-formal dilaksanakan dengan menerapkan Belajar Dari Rumah (BDR). Aplikasi Sistem Pendidikan Agama (SIDIA) yang merupakan aplikasi sistem informasi bagi satuan pendidikan non-formal agama di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan aplikasi SIDIA terhadap penyelenggaraan pendidikan non-formal pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitian yakni 6 lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Se-Kecamatan Gubeng di Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi ; in-depth interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman ; data collection, data condensation, data display, conclusions; drawing /  verification. Hasil penelitian menunjukkan (1) penyelenggaraan pendidikan non-formal dapat terpantau dengan efektif dan efisien melalui aplikasi SIDIA meskipun sedang dalam masa pandemi covid-19, (2) aplikasi SIDIA meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan TPQ di masa pandemi covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, Fitria Tahta. “Wawancara Dengan Kepala TPQ Al-Huda Kelurahan Pucang Sewu Kecamatan Gubeng,” August 11, 2021. https://drive.google.com/file/d/1kao7ZSEaAN6hIoHvYRLOEenKmCph3qx3/view?usp=sharing.
Anderson, Terry. “Reaction to Dr Flavin’s Disruptive Innovation and Technology Enhanced Learning.” Psychology of Education Review 45, no. 1 (Spring 2021): 26–29.
Darlis, Ahmad. “Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal Dan Formal.” JURNAL TARBIYAH 24, no. 1 (August 21, 2017). Accessed July 30, 2021. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/131.
Denzin, Norman K, and Yvonna S Lincoln. The SAGE Handbook of Qualitative Research. The SAGE Publisher, 2018.
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA and PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. UU Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional, n.d.
EDEN Secretariat. Oxford-Style Debate - RW11 Day 2, n.d. Accessed August 24, 2021. https://www.youtube.com/watch?v=d-8uqiRBz1E.
Fahmi, Muhammad. “Community Empowerment Through Non Formal Education.” Devotion?: Journal of Community Service 1, no. 1 (May 14, 2021): 16–26.
Fusch, Patricia, Gene E. Fusch, and Lawrence R. Ness. “Denzin’s Paradigm Shift: Revisiting Triangulation in Qualitative Research.” Journal of Social Change 10, no. 1 (January 2018): 19–32.
Fuzzilah. “Wawancara dengan Kepala TPQ Al-Ikhlas Kelurahan Baratajaya Kecamatan Gubeng,” August 23, 2021. https://drive.google.com/file/d/1XS0Q8cSOl6U4AsGB8wuVnxQFn9xRTDn6/view?usp=sharing.
Haerullah, Haerullah. “DIMENSI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON FORMAL.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 1, no. 2 (March 4, 2020): 199–207.
Hasanah, Nur, and Abd Mujahid Hamdan. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ).” Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (January 25, 2021): 70–88.
Hatakan, Fatih Murhum. “Surat Keterangan KKN – Riset di TPQ Se-Kec. Gubeng / Nomor Surat?: 0121/FKPQ/G/VII/2021,” July 26, 2021. https://drive.google.com/file/d/1fPGB0j-FKAI4FCk7hoJ35MUdJothig2e/view?usp=sharing.
———. “Wawancara dengan Ketua FKPQ Kecamatan Gubeng Kota Surabaya,” August 3, 2021. https://drive.google.com/file/d/1rlO4rv1KN-hUcHG_yeTWr0fe6yM-4q4q/view?usp=sharing.
Majdudin, Muhammad Syaikhul. “Wawancara dengan Ketua TPQ Al-Barokah Kelurahan Airlangga Kecamatan Gubeng,” August 7, 2021.
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, MENTERI AGAMA, MENTERI KESEHATAN, DAN MENTERI DALAM NEGERI, and REPUBLIK INDONESIA. Surat Keputusan Bersama (SKB 4) Menteri Panduan Pembelajaran Tatap Muka, n.d. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB%204%20MENTERI%20PANDUAN%20PEMBELAJARAN%20TATAP%20MUKA.pdfhttps://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SKB%204%20MENTERI%20PANDUAN%20PEMBELAJARAN%20TATAP%20MUKA.pdf.
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. Permendikbud Nomor 81 Tahun 2013 Tentang Pendirian Satuan Pendidikan Non-Formal, n.d.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. Permendikbud Nomor 49 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Non-Formal, n.d.
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE, 1994.
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. PP Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, n.d.
———. PP Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan, n.d.
Purnamasari, Nina, Anggraeni Heru, and Fera Herawati. “Implementation of Distance Learning and Assessment in Kindergarten in Emergency Circumtances.” Indonesian Journal of Educational Assessment 3, no. 2 (January 23, 2021). Accessed August 16, 2021. https://ijeajournal.kemdikbud.go.id/index.php/ijea/article/view/76.
Ratna, Nadila Nur, and Elihami Elihami. “THE STRATEGY IN NON-FORMAL EDUCATION?: LEARNING OF ISLAMIC EDUCATION BASED ON THE COMMUNITY.” JURNAL EDUKASI NONFORMAL 2, no. 1 (March 4, 2021): 101–108.
Saputra, Nur Mega Aris, and Nanda Widya Muharammah. “Elaborasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Non Formal Sebagai Wadah Self Development di Tengah Kondisi Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, no. 0 (September 9, 2020): 23–26.
Siraj, Siti Fatiya. “Wawancara dengan Wakil Ketua TPQ Ibrohim Kelurahan Gubeng Kecamatan Gubeng,” August 16, 2021.
Siswati. “Wawancara dengan Kepala TPQ Al-Hikmah Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng,” August 11, 2021. https://drive.google.com/file/d/1JyMqPqO0WepFPgEhg04PkvieGoOkEu7h/view?usp=sharing.
Stavros, Constantino, and Kate Westberg. “Using Triangulation and Multiple Case Studies to Advance Relationship Marketing Theory.” Edited by Adam Lindgreen. Qualitative Market Research: An International Journal 12, no. 3 (June 12, 2009): 307–320.
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.
Uly, Yohana Artha. “PPKM Jabodetabek Turun Ke Level 3, Bali-Yogyakarta Masih Level 4,” n.d. Accessed August 25, 2021. https://money.kompas.com/read/2021/08/23/221500526/ppkm-jabodetabek-turun-ke-level-3-bali-yogyakarta-masih-level-4.
Wijoyo, Hadion, and Partono Nyanasuryanadi. “ANALISIS EFEKTIFITAS PENERAPAN KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH MINGGU BUDDHA DI MASA PANDEMI COVID-19.” JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 2 (September 18, 2020): 166–174.
“400 Karyawan Di-PHK Selama Pandemi.” RADARSEMARANG.ID, August 9, 2021. Accessed August 22, 2021. https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/temanggung/2021/08/09/400-karyawan-di-phk-selama-pandemi/.
“COVID-19 Explorer - Indonesia Country.” Accessed August 22, 2021. https://worldhealthorg.shinyapps.io/covid/.
“Guru Ngaji Dan Sekolah Minggu Dapatkan Kenaikan Transport.” Dispendik Kota Surabaya, April 7, 2015. Accessed August 2, 2021. https://dispendik.surabaya.go.id/berita/2015/guru-ngaji-dan-sekolah-minggu-dapatkan-kenaikan-transport/.
“SIDIA | Login.” Accessed June 26, 2021. https://eoffice.dispendik.surabaya.go.id/sidia/.
“SIDIA, Bagi Guru Sekolah Minggu.” Accessed June 26, 2021. http://kemenagsurabaya.online/berita/detail/sidia-bagi-guru-sekolah-minggu.
“Situation by Region, Country, Territory & Area - Indonesia Country.” Accessed August 22, 2021. https://covid19.who.int/table.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Dewi, Febriana Kurnia, and Irma Soraya. “Pengaruh Penerapan Aplikasi SIDIA Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TPQ Se-Kecamatan Gubeng Kota Surabaya”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2021): 223–239. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1360.

Issue

Section

Articles