Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Whatsapp pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Walisongo Gempol Pasuruan

-

Authors

  • Intan Ayu Novira Akuwan UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.157-163

Keywords:

pembelajaran jarak jauh, media whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai bagaimana optimalisasi pembelajaran jarak jauh melalui media whatsapp pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik serta peserta didik MI Walisongo. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran jarak jauh melalui media whatsapp di MI Walisongo Gempol Pasuruan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini mendeskripsikan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 melalui media WhatsApp sebagai media penyampaian materi (transfer of knowledge) dalam pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru memberikan materi pembelajaran melalui whatsapp group yang disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Dengan kegiatan tersebut Respon peserta didik antusias mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh karena dikemas melalui bentuk video, gambar ataupun pesan suara yang dikirim oleh pendidik sehingga peserta didik mudah memahami materi yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Salim, Agus . 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta:Tiara Wacana.

Barhomi, Choki. 2015. "Effectiveness of WhatsApp Mobile Learning Activities Guided by Activity Theory on Students" Knowledge Contemporary Educational Technology, Vol 6 (3)

Tian, Belawati.1999. Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmad. 1997.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika vol 3(1)

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusufhadi, Miarso. 2011. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Arifin, Muhammad. 2020. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Sukabumi: Haura Publishing.

Munir. 2009.Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahnun, Nunu. 2012. Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal pemikiran islam Vol. 37 (1)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2012

Pribadi & Benny. 2017. Media dan Teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafanao. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2 (2).

Downloads

Published

2021-02-12

How to Cite

Akuwan, Intan Ayu Novira. “Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Media Whatsapp Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Walisongo Gempol Pasuruan: -”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (February 12, 2021): 157–163. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1314.

Issue

Section

Articles