Implementasi Program Double Track sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Ekonomi Kreatif di SMA NU 1 Gresik

Authors

  • Nur Cholis UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Samsul Ma'arif UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Nuril Huda UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.20-31

Keywords:

Program Double Track, Ekonomi Kreatif Sekolah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai program unggulan yang ada di SMA NU 1 Gresik dan menjadi sekolah rujukan tingkat nasional. Diantara program unggulan yaitu program Double Track yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan ekonomi kreatif peserta didik Di SMA NU 1 Gresik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa upaya peningkatan keterampilan ekonomi kreatif dapat dilakukan melalui implementasi program Double Track yang dibuktikan dengan sekolah menjalin kerjasama dengan mitra sekolah, pemberian materi keterampilan pada mata pelajaran muatan lokal dan ekstrakurikuler, melibatkan peserta didik pada kegiatan sekolah, keberhasilan dalam pembuatan produk serta pelaksanaan ujian sertifikasi yang ditempuh oleh peserta didik untuk mendapatkan sertifikat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony, Scoot D. The Little Black Book Of Innovation. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, n.d.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Asj’ari, Fachrudy. “Kinerja Karyawan Tiga Sub-Sektor Industri Kreatif Yang Dipengaruhi Kemampuan Dan Perilaku Kerja Di Surabaya”.” Jurnal Majalah Ekonomi XXI, no. 2 (2016).
Basrowi. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Bawani, Imam. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Sidoarjo: Khazanah Ilmu Sidoarjo, 2016.
Burhan, Bungin. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Rise: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Creswell, Jonh W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset?: Memilih Diantara Lima Pendekatan. Translated by Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
dkk, Nanik. “Ekonomi Kreatif Dan Pembelajarannya Di Sekolah Menengah Atas (SMA).” Malang, 2016.
Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hasan, Muhammad. “Pembinaan Ekonomi Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 1, no. 1 (January 2018).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia. “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003. Accessed March 4, 2020. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.
Kusinwati. Mengenal Industri Kreatif. Tangerang: Loka Aksara, 2019.
Latuconsina, Hudaya. Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014.
Moloeng, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Ningrum, Dian Ambar. Apa Itu Ekonomi Kreatif? Yogyakarta: Istana Media, 2017.
Purnomo, Rochmat Aldy. Ekonomi Kreatif; Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media, 2016.
Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.
Saksono, Herie. “Ekonomi Kreatif: Talenta Baru Pemicu Daya Saing Daerah.” Jurnal Bina Praja Kemendagri 4, no. 2 (June 2012).
Saroni, Mohammad. Analisis Dan Strategi Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Saroni, Muhammad. Sertifikasi Keahlian Siswa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Sava, Diana. “The Major Influence Of The Level Of Education In The Creative Economy.” Annals Of The Constantin Brancusi Univercity Of Targe Jiu, Economy Series, no. 1. Economy Series (2016).
Sukemi, dkk. SMA Double Track. Sidoarjo: PT. Pandar Asa Komunika, 2019.
Suprapto, Tommy. Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress, 2009.
Supriyanto. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler, Percaya Diri, Dan Literasi Ekonomi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMPN Di Surabaya.” Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan 4, no. 2 (2016).
Susilo, Muhammad Joko. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan Dan Kesiapan Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Tamwifi, Irfan. Metodologi Penelitian. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014.
Usman, Nurudin. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Grasindo, 2002.
Widi, Restu Kartiko. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Yusuf, Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.
“Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 139 Tahun 2018 Tentang Program Double Track Pada Sekolah Menengah Atas Di Jawa Timur,” 2018. Accessed March 5, 2020. https://peraturan.bpk.go.id/home/details/104932/pergub-prov-jawa-timur-no-139-tahun-2018.
“Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2015 Tentang Badan Ekonomi Kreatif,” 2015.
“Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 142 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional Tahun 2018-2025,” 2018.
“Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif,” 2019. Accessed March 4, 2020. https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2019/uu24-2019bt.pdf.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Cholis, Nur, Samsul Ma’arif, and Muhammad Nuril Huda. “Implementasi Program Double Track Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Ekonomi Kreatif Di SMA NU 1 Gresik”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 20–31. Accessed April 27, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1307.

Issue

Section

Articles