Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas Guru di Satuan Paud Sejenis (SPS) Puspa Giri II Dahanrejo Gresik

Authors

  • Ratna Pangastuti UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mohammad Hazim Ahrori IAI Sunan Giri Ponorogo
  • Putri Nur Afiah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.240-251

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Kreativitas Guru

Abstract

Manajemen merupakan gabungan antara  ilmu dan seni yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan pada suatu organisasi dengan mengoptimalkan sumberdaya yang dimiliki capaian tujuan dan  sasaran organisasi pada semua jenjang pendidikan. Adapun manajemen pembelajaran adalah kemampuan dan ketrampilan guru dalam menciptakan suasana proses belajar mengajar yang kondusif dan mengendalikan segala gangguan ketika  pembelajaran berlangsung. Riset ini merupakan jenis riset deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian kepala SPS Puspa Giri II Dahanrejo dan semua guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi, dengan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan. Adapun tujuannya ingin mendeskripsikan: (1) kegiatan manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik; (2) kreativitas guru di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik; (3) manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik untuk meningkatkan kreativitas pendidik ketika mengajar. Dari data yang telah diolah, diperoleh hasil bahwa (1) manajemen pembelajaran yang terlaksana di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik telah sesuai dengan teori manajemen yaitu guru menyusun perencanaan pembelajaran sebelum mengajar, mengorganisasikan pembelajaran dengan menata lingkungan bermain dan pengelolaan kelas, melaksanakan pembelajaran dikelas atau luar kelas berdasarkan RPPH, mengawasi pembelajaran untuk membe

rikan penilaian secara otentik kepada siswa, dan terakhir mengevaluasi pembelajaran untuk memperbaiki pembelajaran selanjutnya. (2) Berdasarkan hasil observasi secara umum guru-guru telah melaksanakan pembelajaran yang kreatif agar siswa memiliki antusias ketika proses belajar mengajar berlangsung, namun demikian masih terlihat beberapa guru yang belum memunculkan kreativitasnya sehingga perlu banyak latihan dan bimbingan dari kepada SPS. (3)  Dengan terlaksananya manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik yang telah sesuai dengan teori tersebut menjadikan guru makin kreatif dalam pengajar karena ada kompetisi sehat agar para guru tidak mendapat penilaian buruk dari kepala SPS dan siswa selalu antusias walaupun masih tetap ada guru yang belum mampu menunjukkan kreativitasnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawir. 2006. Manajemen Pendidikan. Padang: IAIN IB.

Aqib, Zainal. 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). (Bandung: Nuansa Aulia).

Baharuddin dan Moh. Makin. 2010. Manajemen Pendidikan Islam: Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. Malang: UIN Maliki Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Emzir. 2010. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Enda Puspitasari. 2015. Pemetaan Kreativitas Anak Usia 4-6 Tahun di TK Laboratorium PG-PAUD. Universitas Riau. Jurnal Educhild. Vol.4. No. 1

Endang Listyani. 2012. Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Nasima Semarang. Education Management. Vol. 1, No. 1.

E. Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)

Fatimahimah Zahro, Ifatimah. 2015. Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Vol. 1 No. 1.

Fitrah, Muh. dan Luthfiyah. 2017. Metodelogi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak.

Hadiati, Eti dan Fidrayani. 2019. Manajemen Pembelajaran Pendidikan, Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawati. 2016. Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran Paud. Satya Widya. Vol. 32. No. 1

Leoniyah. Model Pembelajaran di TK / Pendidikan Anak Usia Dini. (Wordpress: 05 Juli 2015). https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:poatUG8Bc1UJ:https://leoniyah.wordpress.com/2015/07/05/model-pembelajaran-di-tk-pendidikan-anak-usia-dini-paud/+&cd=5&hl=id&ct=clnk&gl=id

Mimik Supartini. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Manyangan Kota Probolinggo. Jurnal penelitian dan pendidikan IPS (JPPI) Vol. 10, No. 2

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Shohib Thohar. 2010. Al-Quran dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi

Munandar, Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. (Jakarta : P.T Gramedia Widya Indonesia)

Permendikbud No 137 Tahun 2014 (Standar Nasional PAUD.zip.”.

Rinaldi, John. 2014. Ratusan Game Edukatif Untuk Anak Usia 0-3 Tahun. (Jogjakarta: Diva Press).

Rohwati, Puji. 2014. Studi tentang Manajemen Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini di RA Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. (Semarang: UIN Walisongo)

R. Terry, George dan Leslie W. Rue. 2005. Dasar-dasar Manajemen, Terj. G.A. Ticoalu. (Jakarta: PT. Bumi Aksara).

Sahertian, P.A. 1985. Dimensi Administrasi Pendidikan. (Surabaya: Usaha Nasional).

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari dan Setiawan. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru dalm Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol. 4. No. 2

Siddik, Dja’far. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. (Citapustaka Media)

Sri Narwati. 2011. Creative Learning Kiat Menjadi Guru Kreatif dan Favorit, (Yogyakarta: Familia Pustaka)

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana).

Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran, Quantum Teaching. (Jakarta).

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama).

Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Yanti Oktavia. 2014. Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2. No.1

Yeni Rachmawati. 2010. Euis Kurniati, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak: Taman Kanakkanak, (Jakarta: Kencana).

Zamroni dan Umiarso. 2011. ESQ & Model Kepemimpinan Pendidikan: Konstruksi Sekolah Berbasis Spiritual. Semarang: RaSAIL.

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Pangastuti, Ratna, Mohammad Hazim Ahrori, and Putri Nur Afiah. “Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Di Satuan Paud Sejenis (SPS) Puspa Giri II Dahanrejo Gresik”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2021): 240–251. Accessed April 27, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1279.

Issue

Section

Articles