Pembelajaran Daring Ma’had Jami’ah Al-Fithrah di Tengah Wabah Covid-19

Authors

  • Muhammad Kharis Arwani STAI Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.213-222

Keywords:

pembelajaran

Abstract

Pademi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di Ma’had Jamiyah Al-fithrah sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Perguruan Tinggi. Subjek penelitian adalah santri di Ma’had Jamiyah. Data dikumpulkan dengan wawancara melalui zoom cloud meeting. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Santri telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pembelajaran daring; (2) pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong munculnya kemandirian belajar dan motivasi untuk lebih aktif dalam belajar; dan (3) pembelajaran jarak jauh mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya keramaian mahasiswa sehingga dianggap dapat mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan Ma’had Jamiyah. Lemahnya pengawasan terhadap santri, kurang kuatnya sinyal di daerah pelosok, dan mahalnya biaya kuota adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Meningkatkan kemandirian belajar, minat dan motivasi, keberanian mengemukakan gagasan dan pertanyaan adalah keutungan lain dari pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firman, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”, (No. 2, Vol. Maret 2020), 81- 82.

Hutauruk, Agusmanto, Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif, Vol. 02, No.01, 45-51.

Putria, Hilna, Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar, vol. 04, No. 04, (2020).

Amelia, Aisyah, Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Trunojoyo Madura. Hal 34-35.

Profil Lembaga Ma’had Jami’ah Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

https://penerbitdeepublish.com/pembelajaran-daring/. Diakses: 6 juli 2021, pukul: 20:36

https://www.wantiknas.go.id/id/berita/empat-kelebihan-dan-kekurangan-dalam-menerapkan-e-learning. Diakses: 8 juli 2021, pukul 10:19.

https://www.susanadevi.com/2021/03/kelebihan-dan-kekurangan-belajar-online.html. Diakses: 8 juli 2021, pukul: 10: 26

file:///C:/Users/Arwani/Downloads/9759-Article%20Text-24717-3-10-20200706.pdf. Diakses: 9 juli 2021, pukul: 14.33

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Arwani, Muhammad Kharis. “Pembelajaran Daring Ma’had Jami’ah Al-Fithrah Di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2021): 213–222. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1266.

Issue

Section

Articles