Pola dan Keberhasilan Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren

Authors

  • Rahma Nuriyal Anwar UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.178-188

Keywords:

Pola, Keberhasilan, Kiai, Pondok Pesantren

Abstract

Artikel ini membahas tentang pola dan kepemimpinan kyai di pondok pesantren. Kepemimpinan merupakan salah satu aspek kunci sukses suatu lembaga pendidikan, termasuk pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional islam yang mengajarkan nilai-nilai keislaman. Kiai merupakan tokoh sentral dan sosok penting di sebuah pesantren sebagai pemimpin dan manajer, sekaligus sebagai penekan kekuasaan yang ditaati oleh seluruh penghuni pondok pesantren dan masyarakat sekitarnya. Kepemimpinan kiai dipondok pesantren sangat lekat dengan pola kepemimpinan otoriter. Berbeda dengan kepemimpinan kepala sekolah yang bersifat demokratis karena semua kebijkan sudah diatur dengan jelas. Pola kepemimipinan kiai dapat dilihat dari cara kiai tersebut memimpin, tipe dan ciri kepemimpinan apa yang menonjol, dan pola kepemimpinan seperti apa yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Muqit. 2018. Proesionalisme Kiai dalam Pengelolaan Pondok Pesantren dalam Konteks Kemodernan. JPII. Vol. 02. No. 02. Hal. 141.

Abdul Haris. 2017. Kepemimpinan (Leadership) dalam Pondok Pesantren, Madrasah, dan Sekolah (Tinjauan Manajemen). AL-MUNAWWARAH: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 09. No. 2. Hal. 51.

Abdul Rahman Shaleh. 1982. Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren, Jakarta: Depag RI. 1982. Hlm. 7.

Al-Quran Al-Karim. 2007. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Amin Hadari dan M. Ishom El Saha. 2004. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka. Hlm. 22.

Amir Fadhilah. 2011. Struktur dan Pola Kepemimpinan Kiai dalam Pesantren di Jawa. Hunafa: Jurnal Studia Islamika. Vol. 08. No. 01. 2011. Hal. 102.

Aspizain Chaniago. 2017. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta Pusat: Penerbit Lentera Ilmu Cendekia. Hal. 2.

Atiqullah. 2013. Perilaku Kepemimpinan Kolektif Pondok Pesantren: Studi Multisitus pada Pesantren Bani Djauhari, Pesantren Bani Syarqawi di Sumenep dan pesantren Bani Basyaiban di Pasuruhan. Madura: Pustaka Radja. Hal. 52.

Faqih Affandi M. 2012. Pola Kepemimpinan Kiai dalam Pendidikan Pesantren (Penelitian di Pondok Pesantren As-syi’ar Leles). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 06. No. 01. Hal. 21. http://www.journal.uniga.ac.id/

Hendyat Soetopo. 2005. Pendidikan Dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan, Dan Praktik Cet: I. Malang: UMM Malang. Hlm. 94-96.

Imron Arifin. 1993. Kepemimpinan Kiai: Kasus Pondok Pesantren Tebuireng. Malang: Kalimasada Press. Hlm. 45.

Kasful Anwar US. 2010. Kepemimpinan Kiai Pesantren: Studi terhadap Pondok Pesantren di Kota Jambi. Konstektualita. Vol. 25. No. 02.

Mujamil Qomar. 2004. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga. Hlm. 40.

Nur Kholis. 2001. Makalah Kepemimpinan Pondok Pesantren: Individual atau Kolektif. Disampaikan pada penataran Tenaga Managemen di Lingkungan Pondok Pesantren se Jawa Timur. Hal. 8

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Anwar, Rahma Nuriyal. “Pola Dan Keberhasilan Kepemimpinan Kiai Di Pondok Pesantren”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (February 21, 2022): 178–188. Accessed May 7, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1255.

Issue

Section

Articles