Komunikasi dan Implementasi Kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19 di SDN Bakalan Sewon Bantul Yogyakarta

Authors

  • Heni Rahmawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Sofia Khoirunnisa Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.166-177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dan implementasi terkait kebijakan Belajar dari Rumah (BDR ) selama pandemi Covid-19 di SDN Bakalan, Sewon, Bantul, Yogyakarta yang secara resmi tercantum dalam SE Sekjen Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama masa darurat Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitaian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan perolehan data melalui wawancara, dokumentasi, dan library research. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru-guru di SDN Bakalan Sewon, Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDN Bakalan sepenuhnya dilaksanakan daring dari rumah karena pandemi Covid-19 yang belum dapat diprediksi kapan segera usai. Namun di SDN Bakalan ini, para guru tidak berhenti dalam melayani hak siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang berkualitas. Komunikasi terkait kebijakan Belajar dari Rumah (BDR), Dinas setempat sudah memberikan pelatiahan dan sosialisasi dengan membekali guru untuk memaksimalkan penggunaan Teknologi dan Informasi (TIK).

Keyword : komunikasi, implementasi, BDR

Downloads

Download data is not yet available.

References

Association for the Development of African Education. 1996. Formulating Education Policy: Lessons and Experience from sub-Saharan Africa. Six Case Studies and Reflections from the DAE 1995 Biennial Meetings. UNESCO: International Institute for Educational Planning.

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fatimah, A. S. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19) di Kota Tasikmalaya. Jak Publik (Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik), 209-210.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Guo.Y.R, (2020). The Originm Transmission and Clinical Therapies on coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak- update on the sratus. Militery Medical Research, 2020.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Imanuddin, N. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Attractive: Innovative Education Journal, 1(2), 26-42.

Imron, A. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kebudayaan, K. P. (2020, Mei Jumat). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah, diakses tanggal 3 Juli 2021.

MENDIKBUD. (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja KEMENDIKBUD.

Miftah, M. 2. (2012). Komunikasi Efektif Dalam Pembelajaran. Retrieved Juli 3, 2021, from http://web.unair.ac.id/admin/file/f_359, diakses tanggal 3 Juli 2021.

Mulyana. (2005). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: Remaja Rosdakaya.

Nugroho, M. A. (2016). Urgensi dan Signifikansi Pendidikan Islam Multikultural Terhadap Kompleksitas Keberagaman di Indonesia. Jounal of Islamic Culture and Education.

Semiawan, C. R. (2010). Metode Penlitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sidhunata, (2001). Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi,A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:PT Rineka Cipta.

Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 . (n.d.). Retrieved from pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19).

Downloads

Published

2021-08-15

How to Cite

Rahmawati, Heni, and Sofia Khoirunnisa. “Komunikasi Dan Implementasi Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Bakalan Sewon Bantul Yogyakarta”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (August 15, 2021): 166–177. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1254.

Issue

Section

Articles