Pemanfaatan Website Sekolah sebagai Strategi Digital Marketing di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

Authors

  • Nurul Hidayati IAI Uluwiyah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.111-133

Abstract

Di era new media, pemakai internet saat ini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan teknologi informasi menjadikan internet sebagai alat pertukaran data dan informasi yang utama. Pemasaran di dunia pendidikan sangat diperlukan, dengan tujuan untuk mengenalkan sekolah kepada calon peserta didik baru terkait dengan mutu yang dimiliki sekolah. Persaingan di dunia pendidikan sudah sangat atraktif, sehingga dibutuhkan strategi-strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan yang efektif akan memiliki feedback yang baik terhadap sekolah, karena citra sekolah dimasyarakat menjadi lebih baik dan sekolah akan diminati peserta didik baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) Pemanfaatan website sekolah sebagai strategi digital marketing, 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi terkait strategi pemasaran pendidikan, (3) Usaha dalam menghadapi hambatan strategi pemasaran pendidikan. Pendekantan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website sekolah sangat bermanfaat sebagai strategi digital marketing. Hal ini dikarenakan Public Relations dengan sarana profil sekolah dan brosur digital yang terdapat pada website online MA Amanatul Ummah dirasakan sangat efektif, karena interaksi simbolik yang ada pada profil sekolah dan brosur digital sangat menarik perhatian para konsumen. Hal ini berhubungan dengan teori New Media yang dikemukakan oleh Pierre Levy, bahwa website online merupakan media yang sangat berkembang di abad ke 21, selain itu berhubungan juga dengan teori New Wave Marketing yaitu Conversation dan Connect[1]. Hambatan yang dihadapi madrasah: (a) Kompetitor sekolah yang sering mengedepankan faktor fasilitas pendidikan; (b) Komunikasi antar anggota belum terjalin dengan baik; (c) Dana program terhambat. (3) Usaha dalam menghadapi beberapa hamabtan-hambatan melalui: (a) Melakukan program evaluasi mingguan, bulanan dan tahunan. Program evaluasi dilakukan sekolah dengan melakukan rapat kordinasi dengan berbagai anggota terkait; (b) Melibatakan berbagai personel sekolah dalam pelaksanaan strategi pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchori dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan

Arikunto, Suharsimi. 2012. Evaluasi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kasali. 2008. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, Positioning. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Rosda.

Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran: Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Moeloeng, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu

Subandy, Idi. 2010. Komunikasi & Komodifikasi. Bandung: Simbiosa

Wasesa, Silih Agung dan Macnamara, Jim. 2010. Strategi Public Relations. Bandung : Gramedia Pustaka Utama.

Djanaid, D. 1986. Human Relation dan Public Relation dalam Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, D. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan (Mengapa sekolah memerlukan marketing?). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Hidayati, Nurul. “Pemanfaatan Website Sekolah Sebagai Strategi Digital Marketing Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (February 15, 2021): 111–133. Accessed May 5, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1124.

Issue

Section

Articles