Manajemen Program Parenting di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo

Authors

  • Anisa Irmawati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ali Mustofa UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Machfud Bachtiyar UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.1.1-27

Keywords:

manajemen, program, parenting.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen program parenting beserta dengan kendala dan solusi yang ada pada sekolah penyelenggara program parenting.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subjek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan interpretasi data, Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data, Peneliti menggunakan uji dependability.

Pada perencanaan, sekolah membuat program kerja tahunan sebagai strategi awal dengan melibatkan semua wali murid yang sangat berpengaruh keterlibatannya. Program kerja ini direncanakan dengan melakukan rapat yang membahas tentang program parenting yang bertujuan agar wali murid ikut serta dalam proses pendidikan anak.Pada pengorganisasian, sekolah bekerjasama dengan para wali murid yang tergabung dalam Pengurus Komite yang bertujuan untuk menjembatani adanya komunikasi antara sekolah dan wali murid. Panitia sendiri diambil dari wali murid untuk yang skala besar, sedangkan untuk yang skala kecil mengambil dari Ustadz dan Ustadzah.Pada pelaksanaannya sendiri biasanya dilaksanakan rutin setiap satu tahun sekali. Untuk tempat pelaksanaan parenting skala kecil dilaksanakan di sekolah dan parenting skala besar di luar sekolah karena kapasitas sekolah yang tidak memadai. Proses evaluasi dilaksanakan setiap akhir kegiatan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi keseluruhan proses kegiatan dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan parenting.

Dalam implementasinya, tentu terdapat kendala. Secara garis besar, faktor yang menjadi kendala antara lain adalah masalah pendanaan dan tempat pelaksanaan parenting untuk yang skala besar. Sedangkan untuk solusinya sendiri, biasanyapihak panitia mencarikan dana melalui sponsorship dan mencarikan gedung yang sekiranya cukup untuk menampung para peserta kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A.dan Nur Uhbiyati.2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Arifin, Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran Cet. 2. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, S.dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Athoila, A. 2002. Dasar-DasarManajemen. Bandung: Fak. Syariah IAIN Sunan Gunung Djati.

Bungin, B. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Bronfenbrenner,U. 1979. The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. USA: The President and Fellow of Harvard College.

Diadha, R. “Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 2, no. 1 (Maret 2015): 70.

Epstein, J. L. 2002. School, Family and Community Partnerships, Your Handbook for Action Second edition. California: Corwin Press.

Hariawan, R. “Implementasi Parenting Education in School pada Jenjang Pendidikan Dasar di Lombok Tengah.” Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (April 2013): 419.

Henniger, M. L. 2013. Teaching Young Children: An Introduction Fifth edition. USA: Pearson Education, Inc.

Hikmat. 2009. Foreword to Manajemen Pendidikan by Hikmat. Bandung: PustakaSetia.

Hornby,G. 2011. Parental Involvement in Childhood Education: Building Effective School-Family

Partnership. New York: Springer Sciencet Business Media.

Irawan,I. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Ed.1 Cet.1. Yogyakarta: Deepublish.

Kementerian Agama Islam Republik Indonesia. 2016. Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: PT. Media Pustaka.

Langgulung, H. 1986. Manusia Dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lindasari, E. “Manajemen Parenting dalam Meningkatkan Hubungan Antara Sekolah dengan Orang Tua.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 15, no. 7 (Mei 2014): 170.

Miles and Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication, Inc.

Moleong, L. J. 2002. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya.

Morrison, G. S. 1988. Education and Development of Infants, Todlers and Preschoolers. USA: Scott, Foresman and Company.

Mulyatiningsih,E. 2013. MetodePenelitianTerapanBidangPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nuraida, I. 2008. Manajemen Administrasi Perkantoran. Yogyakarta: Kanisius.

Puwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar Cet. 3. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Rimm, S. 2000. Smart Parenting. Jakarta: PT. Grasindo.

Riyanto, Y. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. 3. Surabaya: PENERBIT SIC.

Rohiat. 2011. Manajemen Sekolah. Bandung: PT. Revika Aditama.

Setyono, A. 2006. Hypnoparenting. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Singarimbun, Masridan Efendi Sofwan. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3S.

Siswanto,H. B. 2013. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. BumiAksara.

Skripsi, Elly Erlina Diana Watie. 2014. Implementasi Smart Parenting Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Lembaga PAUD. Semarang: UNNES.

Skripsi, Trisa Mulan dari. 2014. Penerapan School Parenting Di SMPN Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Yogyakarta, UIN Sunan Kalijogo.

Soeratno. 1995. Metodolog iPenelitian. Yogyakarta: UUP AMP YKPN.

Sudijono,A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan Cet. 10. Jakarta: Rajagrafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif Cet. 11. Bandung: Alfabeta.

Surbakti,E. B. 2012. Parenting Anak-Anak. Jakarta: PT. Elex Media.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. 2003. Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi.

Wholey, J. S., Harry P. Hatry and Kathryn E. Newcomer. 2010. Handbook of Practical Program Evaluation. CA: John Wiley & Sons, Inc.

Wijono, D. 1997. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Yusuf, F.T. 2000. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi: Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: RinekaCipta.

Downloads

Published

2021-02-15

How to Cite

Irmawati, Anisa, Ali Mustofa, and Machfud Bachtiyar. “Manajemen Program Parenting Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo”. Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 1 (February 15, 2021): 56–70. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1119.

Issue

Section

Articles