Penggunaan Konseling Islam dalam Mengatasi Psikopatologi Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Senori Tuban

Authors

  • Khoirul Anwar UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2014.4.2.308-333

Abstract

Artikel sederhana ini merupakan wujud pengembangan kajian konseling pendidikan. Seperti yang kita ketahui gangguan kepribadian ini sering diidentikkan dengan akhlak tercela, yaitu perbuatan yang dilarang oleh ajaran agama. Namun, seiring berjalannya waktu permasalahan yang muncul psikopatologi yang terkadang mengarah pada perilaku abnormal, prilaku maladaptif, gangguan mental, penyakit jiwa, gangguan prilaku, penyakit mental dan ketidakwarasan. Dalam hal ini konselor dituntut mempunyai pandangan akademis, apa yang dimaksud dengan gangguan kejiwaan. Pada umumnya para pemula pengamal psikoterapi di indonesia kurang memperhatikan dasar filosofis suatu metode atau tehnik terapi karena terbenam dengan praktik kegiatannya. Psikopatologi dalam islam dapat dibagi dalam dua kategori; yaitu bersifat duniawi dan ukhrawi.Macam-macam psikopatologi yang termasuk dalam kategori bersifat duniawi berupa gejala-gejala atau penyakit kejiwaan sebagimana di sebutkan dalam psikologi kontemporer, sedangkan psikopatologi bersifat ukhrawi, berupa penyakit akibat penyimpangan terhadap norma-norma atau nilainilai moral, spritual, dan agama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-08-12

How to Cite

Anwar, Khoirul. “Penggunaan Konseling Islam Dalam Mengatasi Psikopatologi Siswa Di Madrasah Aliyah Islamiyah Senori Tuban”. Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 2 (August 12, 2014): 308–333. Accessed May 6, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1105.

Issue

Section

Articles