Layanan Bimbingan Kelompok melalui Teknik Sosiodrama untuk Membantu Siswa Terisolasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2014.4.1.149-174Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik SosiodramaAbstract
Ada banyak tekhnik yang disedikan dalam teori konseling untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Salah satunya adalah sosiodrama. Sosiodrama berarti sebuah pendekatan yang mengedepankan aspek peran siswa dalam proses pembelajaran (baca: konseling). Tulisan ini adalah penelitian tentang kelebihankelebihan yang diasumsikan berasal tekhnik sosiodrama; yaitu menghilangkan kejenuhan siswa di tempat yang terisolasi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian penulis di SMP 13 Surabaya menyebutkan bahwa; pertama, sosiodrama cukup membantu siswa yang terisolasi, dari 147 siswa yang diteliti hanya ada 17 yang merasa tidak ada dampak metode ini. Kedua, sosiodrama ini membantu siswa berinteraksi sesama siswa dengan baik tanpa batasan-batasan tertentu. Mereka cukup leluasa bergurau, bercanda, dan berdiskusi sesama siswa untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan yang disebabkan oleh isoalasi yang diperlakukan oleh sekolah