Konfirmitas dan Konseling Kelompok dalam Pendidikan Islam (Sebuah Tinjauan Konseptual)
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2013.3.1.29-56Keywords:
Konformitas, Layanan Kelompok, Pendidikan IslamAbstract
Konformitas mendapatkan perubahan perilaku remaja sebagai usaha untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok. Konformitas adalah proses alamiah anak untuk beranjak dewasa. Di dalam dunia pendidikan, perkembangan anak tidak bisa dibiarkan begitu saja. Oleh karenanya, dibutuhkan sebuah treatment khusus dalam menghadapi masalah konformitas ini. Salah satunya adalah dengan konseling kelompok, yang sesuai dengan prosedur dan aturan llmu Bimbingan dan Konseling (BK). Begitu juga ajaran Islam, sebagaimana yang dianut dalam konsep pendidikan Islam. Tulisan ini akan berupanya membentuk sebuah formulasi konseptual konformitas dalam bingkai pendidikan Islam. Tawaran penulis adalah membentuk layanan kelompok yang tadinya hanya didasari pada minat, bakat, atau integensi, dan permasalahan. Melainkan layanan kelompok sesuai dengan kelompok peserta didik yang sudah ada sebagai bahan dari konformitas.