Implementasi Terapi Eksistensial dalam Mengatasi Siswa Rendah Diri

(Studi Kasus Siswa X Cacat Tunanetra di Sekolah Menengah Pertama Iskandar Said Surabaya)

Authors

  • Masyhudi Ahmad IAIN Sunan Ampel Surabaya
  • Chusnul Muallifah IAIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.2.59-78

Keywords:

Terapi Ektensial, Siswa Rendah Diri, Cacat Tunanetra, SMP Iskandar Said.

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah pelaksanaan bimbingan konseling dengan terapi eksistesial, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keherhasilan pelaksanaan terapi eksistensial dalam membancu masalah siswa yang rendah diri karena kekurangan pada fisiknya, yaitu cacat tunanetra. Subyek penelitian ini adalah seorang siswi penyandang cacat tunanetra sejak lahir yang sekarang duduk di kelas IX di SMP Iskandar Said Surabaya yang mengalami rendah diri karena cacat tunanetra yang disandangnya. Instrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah terdapat siswa yang merasa rendah diri dikamakan cacat fisik, dan setelah dilaksanakan terapi eksistensial siswa tersebut mengalami perubahan keranah yang positif, siswa mulai terbuka dalam bergaul dengan teman-temannya, tidak lagi mudah tersinggung, bisa menerima kekurangan yang ada pada dirinya. Serta dapat berfikir positif dalam menyelasaikan masalah yang dihadapi. Jadi, dapat disimpulkan dengan terapi eksistensial siswa yang rendah diri merasa terbantu. Yaitu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan berteman dan juga dapat membantu perkembangan psikologisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-08-12

How to Cite

Ahmad, Masyhudi, and Chusnul Muallifah. “Implementasi Terapi Eksistensial Dalam Mengatasi Siswa Rendah Diri: (Studi Kasus Siswa X Cacat Tunanetra Di Sekolah Menengah Pertama Iskandar Said Surabaya)”. Jurnal Kependidikan Islam 2, no. 2 (August 12, 2012): 59–78. Accessed April 27, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1074.

Issue

Section

Articles