Dampak Pemberlakuan PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan terhadap Eksistensi Madrasah
(Studi Deskriptif di MAN Surabaya, MA Amanatul Ummah Surabaya dan MA Ittaqu Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.15642/jkpi.2012.2.1.83-102Keywords:
PP 19 TaKun 2005, Standar Nasional Pendidikan, Eksistensi MadrasahAbstract
Terhitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 lentang Standar Nosional Pendidikan tentu menjadi harapan baru hagi pengembangan kualitas pendidikan di Indonesia. PP tersebut sebagai salah satu ramhu^amhu atau petunjuk dalam penataan sistem penyelenggaraaan pendidikan. Tulisan ini
merupakan hasil penelitian (deskriptifkualitatif) terkait dampak pemberlakuan PP 19 Tahun 2005 terhadap eksistensi madrasah. Penelitian difokuskan di tiga madrasah pada jenjang aliyah, yaitu: MAN Surabaya, MA Amanatul Ummah Surabaya dan MA Ittaqu Surabaya. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan atas
pertimbangan representasi status madrasah negeri dan swasta, serta pertimbangan nllai akreditasi madrasah. Melalui paparan dan aruilisis data, diharapkan dapat melihat secara lebih dalam bagaimana implementasi peraturan tersebut di lingkungan madrasah, sehingga lebih lanjut akan diketahui dampak atau
signifikansi standar nosional pendidikan ini bagi penyelenggaraan pendidikan di madrasah.