Integrasl Ilmu dan Agama sebagai Basis Pengembangan Keilmuan Pendidikan Tinggi Islam

(Studi Kasus di Universitas Islam Negeri Malang)

Authors

  • Masykuri Bakri Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2011.1.2.16-35

Abstract

Munculnya fenomena di Universitas Islam Negeri Malang (UIN'Malang) sebagai Pendidikan Tinggi Islam (PTI) dalam pengembangan ilmu pengetahtian melalui kebebasan penalaran intelektual dan kajian rasional empirik serta filosofis di samping dimotivasi olek ajaran Islam itu sendiri juga dari proses akulturasi budaya. Ada empat rencana kerja paling tidak terkait "integrasi ilmu dan agama", yang banyak dibahas oleh intelektual muslim yaitu: (1) penguasaan khazanah ilmu pengetahuan muslim; (2) penguasaan khazanah ilmu pengetahuan masa kini; (3) identifikasi kekurangan-kekurangan ilmu pengetahuan itu dalam kaitannya dengan ideal
Islam; dan (4) rekonstruksi ilmuilmu itu sehingga menjadi suatu paduan yang selaras dengan wawasan dan ideal Islam. Dari pemikiran tersebut, banyak kalangan intelekttial muslim dari kalangan Pendidikan Tinggi Islam yang pro dan kontra bahkan muncul kegamangan terhadap keinginan untuk melakukan "integrasi ilmu dan agama" dalam pengembangan keilmuan di Pendidikan Tinggi Islam. Untuk itu cukup menarik kiranya kajian penelitian tentang persoalan tersebut, agar mertdapat gambaran riil melalui penelitian di Universitas Islam Negeri Malang ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-12

How to Cite

Bakri, Masykuri. “Integrasl Ilmu Dan Agama Sebagai Basis Pengembangan Keilmuan Pendidikan Tinggi Islam: (Studi Kasus Di Universitas Islam Negeri Malang)”. Jurnal Kependidikan Islam 1, no. 2 (August 12, 2020): 16–35. Accessed May 8, 2024. https://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1049.

Issue

Section

Articles