Etos Kerja dalam Budaya Organisasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik

Authors

  • Indah Nur Faizah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Linda Lisma Lestari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Syahrul Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ali Mustofa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.1-16

Keywords:

Work Ethic, Organizational Culture

Abstract

ABSTRAK

Salah satu keberhasilan suatu organisasi adalah terwujudnya sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi sesuai dengan perencanaan strategi organisasi. Kinerja yang baik akan terlihat pada hasil yang berkualitas. Budaya organisasi yang sesuai dan etos kerja yang baik akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas kinerja menjadi lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan pada pegawai di Pendidikan Agama Islam (PAIS) dengan tujuan untuk mengetahui pendorong etos kerja pegawai  serta budaya organisasi tanpa kehadiran pemimpin tetap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah meskipun pada seksi PAIS tidak memiliki pimpinan tetap, namun  pelayanan dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan. Etos kerja dan budaya organisasi menjadi salah satu pendorong dalam meningkatkan kualitas kinerja pegawai. Etos kerja dalam seksi Pendidikan Agama Islam Kemenag Kabupaten Gresik ini adalah bekerja secara maksimal, melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pekerja yang mampu memberikan kontribusi serta melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan menjauhi tindakan tercela. Faktor yang mempengaruhi etos kerja di PAIS diantaranya ialah adanya budaya organisasi. Pada seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) berpijak pada lima nilai budaya kerja yang ada di kementerian agama, yaitu (1)Integritas, (2)Profesionalitas, (3)Inovasi, (4) Tanggung jawab, (5)Keteladanan.

Kata Kunci : Etos Kerja, Budaya Organisasi

 

ABSTRACT

One of the successes of an organization is the realization of the goals, objectives, vision and mission of the organization in accordance with the organization's strategic planning. Good performance will be seen in quality results. An appropriate organizational culture and good work ethic will greatly help in improving the quality of performance for the better. This research was conducted on employees at Islamic Religious Education (PAIS) with the aim of knowing the drivers of employee work ethics and organizational culture without the presence of permanent leaders. The method used in this research is descriptive qualitative method. The result of this research is that although the PAIS section does not have permanent leadership, the service can run well without any obstacles. Work ethic and organizational culture are one of the drivers in improving the quality of employee performance. The work ethic in the Islamic Religious Education section of the Ministry of Religion of Gresik Regency is to work optimally, carry out their duties and responsibilities as workers who are able to contribute and do work wholeheartedly and avoid despicable actions. The factors that influence work ethic at PAIS include the presence of organizational culture. The Islamic Religious Education (PAIS) section is based on five cultural values ??in the ministry of religion, namely (1) Integrity, (2) Professionalism, (3) Innovation, (4) Responsibility, (5) Exemplary.

Keywords: Work Ethic, Organizational Culture

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-26

How to Cite

Faizah, I. N., Lestari, L. L., Hidayat, S., & Mustofa, A. (2020). Etos Kerja dalam Budaya Organisasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.1-16

Issue

Section

Articles