Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai Upaya Peningkatan Layanan Administrasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.78-87Keywords:
Manajemen, pelayanan terpadu satu pintu, layanan administrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelayanan terpadu satu pintu berupa upaya peningkatan layanan administrasi dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Layanan administrasi berbetuk dokumen resmi yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, guna mengetahui peran kordinator pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) kantor kementerian agama kabupaten tuban. Deskriptif kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah kordinator, dan dua staff PTSP. Penelitian ini menggunakan tek analisisi berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah diadakan penelitian, dapat disimpulkan bahwa layanan administrasi dapat ditingkatkan dengan perencanaan yang terstruktur, pelaksanaan yang sesuai dengan juknis PTSP, dan evaluasi rutin dari kordinator.
Downloads
References
Farikhah, Siti. Manajemen Lembaga Pendidikan. Temanggung: Aswaja Pressindo, 2015.
Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo. Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi: Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsoft Project. Bandung: Informatika Bandung, 2016.
Imelda, Nur Fitriyah, dan Enos Paselle. “Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerpan Investasi di Kalimantan Timur (Studi Kasus Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah,” Jurnal Administrative Reform 2, No. 3 (September 2014): 412.
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Kementerian Agama.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. Management, thirteenth edition trans. Bob Sabran dan Devri B. P. Jakarta: Erlangga, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suhartoyo. “Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” Administrative law & Governance Journal 2, No. 1 (Maret 2019): 149.
Yuningsih, Rita. “Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Kota Palu,” Jurnal Katologis 4, No. 8 (Agustus 2016): 175.
Zainudin, Wafi Ali Hajaj dan Abdul Haq. “Manajemen Perkantoran Modern,” Islamica Akademika: Jurnal Pendidikan & Keislaman 3, No. 1: 78.