Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai Upaya Peningkatan Layanan Administrasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban

Authors

  • Eka Dana Margi Saputra Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sayyidah Sa'id Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Shopa Marwati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lili Nur A Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.78-87

Keywords:

Manajemen, pelayanan terpadu satu pintu, layanan administrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pelayanan terpadu satu pintu berupa upaya peningkatan layanan administrasi dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Layanan administrasi berbetuk dokumen resmi yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, guna mengetahui peran kordinator pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) kantor kementerian agama kabupaten tuban. Deskriptif kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah kordinator, dan dua staff PTSP. Penelitian ini menggunakan tek analisisi berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah diadakan penelitian, dapat disimpulkan bahwa layanan administrasi dapat ditingkatkan dengan perencanaan yang terstruktur, pelaksanaan yang sesuai dengan juknis PTSP, dan evaluasi rutin dari kordinator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Dinda Hayyi Nur Afifudin, dan Suyeno. “Implementasi Pelayanan Publik pada PTSP dalam Mempermudah Akses Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kementerisan Agama Kab. Madiun),” Jurnal Respon Publik 14, No. 1 (2020): 14.
Farikhah, Siti. Manajemen Lembaga Pendidikan. Temanggung: Aswaja Pressindo, 2015.
Heryanto, Imam dan Totok Triwibowo. Manajemen Proyek Berbasis Teknologi Informasi: Mengelola Proyek Secara Sistematis Menggunakan Microsoft Project. Bandung: Informatika Bandung, 2016.
Imelda, Nur Fitriyah, dan Enos Paselle. “Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Penyerpan Investasi di Kalimantan Timur (Studi Kasus Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah,” Jurnal Administrative Reform 2, No. 3 (September 2014): 412.
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Kementerian Agama.
Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter. Management, thirteenth edition trans. Bob Sabran dan Devri B. P. Jakarta: Erlangga, 2016.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suhartoyo. “Implementasi Fungsi Pelayanan Publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP),” Administrative law & Governance Journal 2, No. 1 (Maret 2019): 149.
Yuningsih, Rita. “Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Kota Palu,” Jurnal Katologis 4, No. 8 (Agustus 2016): 175.
Zainudin, Wafi Ali Hajaj dan Abdul Haq. “Manajemen Perkantoran Modern,” Islamica Akademika: Jurnal Pendidikan & Keislaman 3, No. 1: 78.

Downloads

Published

2020-03-26

How to Cite

Saputra, E. D. M., Sa’id, S., Marwati, S., & A, L. N. (2020). Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu sebagai Upaya Peningkatan Layanan Administrasi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(1), 78–87. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.1.78-87

Issue

Section

Articles