Peningkatan Kualitas Madrasah terhadap Sistem Zonasi MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo

Authors

  • Naila Afifa Rohmatillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Rahmawati Fitriyanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ali Wafa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.141-156

Keywords:

madrasah berkualitas dan sistem zonasi

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting sehingga mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan dan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia yaitu dengan diaplikasikannya sistem zonasi terhadap proses penerimaan peserta didik baru. Ketentuan sistem zonasi dimuat dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Disebut penelitian deskriptif karena bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan keadaan suatu obyek dan subjek penelitian. Dilihat dari besarnya jumlah peminat yang masuk ke MTs Nurul Huda dan dari sudut prestasi, MTs Nurul Huda dapat dikategorikan sebagai salah satu madrasah yang memiliki daya saing tinggi. Salah satunya yaitu kepimpinan kepala sekolah yang efektif dan inovatif, sarana yang memadai, kualitas pendidik yang memenuhi standar dan dikembangkannya berbagai inovasi pembelajaran. Dengan sistem zonasi ini MTs. Nurul Huda tahun ini telah memaksimalkan kekuatan madrasah untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat dan membuat MTs. Nurul Huda ini lebih unggul dari sekolah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Rohmatillah, N. A., Fitriyanti, R., & Wafa, A. (2020). Peningkatan Kualitas Madrasah terhadap Sistem Zonasi MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 141–156. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.1.141-156

Issue

Section

Articles