Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik

Authors

  • Thoriq Alimi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Achmad Achmad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ainur Rochmah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Fahmi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.1-26

Keywords:

Penerapan, Manajemen Perpustakaan, Mutu Layanan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen perpustakaan, menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi serta mendiskripsikan solusi implementasi manajemen perpustakaan di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik Tahun 2019. Jenis penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan 1) metode wawancara, wawancara dilakukan kepada beberapa sumber seperti kepala sekolah, guru, petugas perpustakaan dan siswa. 2) metode observasi dengan mengamati keadaan fisik perpustakaan baik peralatan dan perlengkapannya. 3) Metode Dokumen digunakan untuk mengumpulkan data arsip dan administrasi perpustakaan sekolah. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik, keabsahan data tersebut digunakan untuk menguji data-data yang terkumpul. Hasil pembahasan implementasi manajemen perpustakaan di MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik yang dilaksanakan belum sesuai dengan fungsi manajemen. mulai dari Perencanaan yang tidak diperbarui, pengorganisasian yang sangat kurang, pengelolaan perpustakaan yang kurang terkelola dengan baik, dan pengawasan yang sangat kurang. Kendala-kendala dalam penerapan fungsi manajemen dalam pengelolaan perpustakaan di perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik meliputi: 1) Tidak Adanya Kepemimpinan Manajemen Perpustakaan Sekolah, 2) Kurangnya Sumberdaya Manusia dan pustakawanan yang profesional, 3) Koleksi Buku Yang Kurang Lengkap dan Kurang Diperbarui, 4) Kurangnya Pengunjung Perpustakaan. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen perpustakaan meliputi: 1) Kepala sekolah dapat merekrut atau memilih guru untuk ditugaskan menjadi kepala perpustakaan. 2) pustakawan di perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Gresik, harus memiliki tenaga professional dibidang perpustakaan khususnya penerapan fungsi manajemen perpustakaan dalam pengelolaan perpustakaan. 3). mengajukan penambahan koleksi kepada kepala sekolah, sekolah juga mengadakan kerjasama dengan pihak terkait misalnya dengan penerbit dan mengimbuu kepada siswa, guru atau karyawan untuk memberikan sumbangan buku atau menitipkan buku-buku pribadinya untuk disimpan di perpustakaan. 4) memperbaiki Etika Layanan Perpustakaan dan Layanan Sepenuh Hati.

Kata Kunci: Penerapan, Manajemen Perpustakaan, Mutu Layanan ni

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Riska. 2002. Pengolahan Program BK. Padang: Universitas Negeri Padang.
Bafadal.Ibrahim, 2005.Pengolahan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, Sulist.yo. 1991 - Pengatar Iltnu Perpustakaan. Jakarta: PT. Grainedia. Pustaka, Utaina.
Berry, Aimee. “Promoting Special Library Services”. Special Libraries Handbook. 21 April 1999. http://www.libsci.sc.edu/bob/class/clis724/SpecialLibrariesHandbook/ promoting.htm Diakses tanggal 18 Agustus 2005.
Darmono. 2001. Manajemen dan Tala Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widya Sarana Indonesia
Lasa Hs. 2015. Manajemen dan Standardisasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah. Yogyakarta; Mentari Publisher
Laugu, Nurdin. 2013. Representasi Kuasa dalam Pengelolaan Perpustakaan; Studi Kasus Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta. Disertasi Program Studi Kajian Budaya dan Media Sekolah Pascasarjana UGM.
Pemerintah Kabupaten Malang. 2002. Buku Pedoman Mengelola Perpustakaon Secara Praktis. Malang: Kantor Komunikasi Publik-Seksi Perpustakaan Penierintah Kabupaten Malang.
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan UndangUndang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
Perpustakaan Nasional RI. 2011. Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Perpustakaan UMS. 2012. Panduan Praktis Otomasi Perpustakaan; Koha Open Source ILS. Surakarta: Perpustakaan UMS
Prastowo, Andi. Manajemen Peprustakaan Sekolah Profesional. Sampangan: DIVA Pres (Anggota IKAPI), 2012
Purwono. 2011. Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rivai, Veithzal; Bachtiar, Boy Rafli Amar. 2014. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Samsudi,Salidi. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka setia, 2006.
Setiarso, Bambang. “Upaya Pemberdayaan Forum Perpustakaan Khusus di Masa Mendatang”. Makalah disampaikan pada Rapat Kerja Pusat XI – Ikatan Pustakawan dan Seminar Ilmiah. Jakarta: Perpustakaan Nasional, 5-7 November 2001.
Siagian, P. Sondang. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Sinaga, Dian. Mengelolah Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana, 2011.
Soeatminah.1992. Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
Sinaga, Dian. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Wijayanto. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: IKAPI
Yulia, Yuyu. 2010. Materi Pokok Pengolahan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Alimi, T., Achmad, A., Rochmah, A., & Fahmi, M. (2019). Penerapan Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Perpustakaan MTs Al Ibrohimi Manyar Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.1.1-26

Issue

Section

Articles