Pengelolaan Administrasi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo

Authors

  • Risma Amiliya Indahsari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Nur Indahsari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.2.119-134

Keywords:

pengelolaan adminisrtasi, layanan administrasi

Abstract

Penelitian ini dititik beratkan pada pengelolaan administrasi madrasah yang didalmnya mencangkup hubungan antara pegawai administrasi dan kualitas madrasah, pegawai administrasi dan siswa, pegawai administrasi dan guru,dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang cara pengelolaan administrasi dan apa saja tugas yang harus dikerjakan oleh pegawai administrasi pada tiap-tiap administrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Para Waka, Pegawai Tata Usaha, perwakilan guru, serta komite madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengelolaan administrasi untuk meningkatkan kualitas madrasah sesuai dengan prosedur, sistematis, terarah, jelas dilihat dari setiap pegawai administrasi melakukan tugasnya sesaui dengan tupoksinya masing-masing.
Kata kunci: Pengelolaan adminisrtasi, Layanan Administrasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaspersz, Vinceent, Total Quality Management (Jakarta: Gramedia, 2005)
Arcaro , Jerome S., Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
Arifin, Miftah dan Aida Nahar,”Pengembangan Sistem Administrasi Sekolah berbasis teknologi informasi di MTS Darul Ulum dan MTS Mitahul Huda di kabupaten Jepara”, Journal of Dedicators Community Vol. 1 No. 1 (Desember 2016)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. XI. Jakarta: Rineka Cipta.1998
Bogdan dan Steven, Introduction to Qualitative Research; A Phenomenological Approach to The Social Sciences. New York: John Wiley & Sons Inc.1975
Hartiningsih, Budi, Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Kenakalan Siswa, (Tesis, 2010)
Maycut , Pamela & Richard House, Beginning (Qalitative Research: A Philosophy and Practical Guide. Wasington D.C.: The Falmer Press Teachers Library.1994
Miles & Huberman, Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications.1984
Moleong, Ley J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. III. Bandung: Remaja Rosda Karya.1991
Muhadjir,Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.2000
Mukhid, Abd. Mukhid, “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran yang Tepat, Jurnal Tadris Volume 2. Nomor 1. 2007
Nasution, Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Transtinto, 1996
Paramita,Astridya dan Lusi Kristiana, Tecnik Focus Group Discussion dalam Penelitian Kualitatif, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan Vol.16 No.2.(April 2013)
Pidarta,Made.Pendidikan Indonesia.Jakarta: Bina Aksara.2008
Lincoln & Guba, Naturalistic Inquiry. Beverly Hill, CA: SAGE Publications, Inc.1985
Satori,Djam’an.Administrasi Pendidikan.Bandung: IKIP Bandung.1980
Soehartono, Irawan. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.1999
Sutisna,Oteng.Manajemen Pendidikan Indonesia.Bandung: Aksara.1989
Triana, Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif (Bandung: Sinar Grafika Offset, 2005)
Yin,Robert, Case Study Research. London: Sage Publications.1989
Sukma,Asep.Manajemen Program Ketatausahaan Madrasah.Skripsi
Kurniawati,Putri Isnaeni dkk.Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Kasihan Bantul, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol 1 No. 1 (2013)
Novan D. A.Rico Pelaksanaan Administrasi Kepegawaian Bidang Pengembangan Karir pada Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Laporan KKN.(Desembr 2014)

Downloads

Published

2019-09-26

How to Cite

Indahsari, R. A., Hasanah, N., & Indahsari, N. (2019). Pengelolaan Administrasi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(2), 119–134. https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.2.119-134

Issue

Section

Articles