Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di MTs Mambaus Sholihin

Authors

  • Rieke Regita Cahyani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Puput Ayu Wulandari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ida Miftakhul Jannah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.124-140

Keywords:

Budaya sekolah, karakter peserta didik

Abstract

Pembangunan karakter merupakan salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan bermasayarakat, berbangsa, dan bernegara. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wahana pembangunan karakter. Penanaman nilai-nilai karakter berbasis budaya sekolah dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memberdayakan semua lingkungan belajar secara optimal untuk menanamkan, memperbaiki, menguatkan, dan menyempurnakan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan budaya sekolah yang mendorong terbentuknya karakter pada peserta didik di MTs Mambaus Sholihin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Madrasah membentuk karakter peserta didik melalui penerapan budaya sekolah. 2) Budaya sekolah yang diterapkan meliputi etika peserta didik kepada pendidik, budaya ketika memulai dan mengakhiri pelajaran, budaya jujur dan tanggung jawab kepada diri sendiri dan orang lain, 3) Karakter yang terbentuk meliputi disiplin, religius, sikap peduli, jujur, dan tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Neprializa. “Manajamen Budaya Sekolah.” Manajemen Pendidikan Vol. 9 No. 3 (Juli: 2015). 419-429
Hasnadi. “Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di SD Negeri 15 Kota Banda Aceh.” Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. 93-98
Rachmawati, Widyaning, Djum Noor Benty, Dkk. “Budaya Sekolah Berbasis Keturunan dalam Pembentukan Karaker Peserta Didik.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan Vol. 1 No. 4 (Desember: 2018), 410-418
Istanti, Beti Suwandayani Dan Nafi Isbadrianingtyas. “Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah,” Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (Edisi 1: 2017), 34-41
Iqbal, Muhammad, Niswanto, dkk. “Budaya Organisasi Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik pada SMA Negeri 1 Kota Lhokseumawe.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, Vol. 6 No. 4 (November: 2018), 234- 241
Susanto, Ahmad. Manajamen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep. Strategi, dan Implemntasinya (Jakarta: Kencana, 2016)
Fitriani. “Budaya Sekolah Meningkatkan Prestasi Akademik.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 1006-1017
Agustrianti, Melisa, Feri Wahyudi, dkk. “Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter di Madrasah Aliyah Nurul Huda Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017.” 32-41
Ardiansyah, Lilik dan Achmad Dardiri. “Manajemen Budaya Sekolah Berbasis Pesantren di Madrasah Tsanawiyah Ali Maksum, Sewon, Bantul, Yogyakarta.” Jurnal Pembangunan Pendidikan. Vol. 6 No. 1 (Juni: 2018), 50-58

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Cahyani, R. R., Wulandari, P. A., & Jannah, I. M. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di MTs Mambaus Sholihin. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 124–140. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.124-140

Issue

Section

Articles