Implementasi Manajemen Program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.15642/japi.2019.1.2.102-118Keywords:
Manajemen, Program LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi menejemen program Gerakan Literasi Madrasah, menjelaskan tahap-tahap pelaksanaan program Gerakan Literasi Madrasah, menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil pembahasan implementasi menejemn program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan yang dilaksanakan sesuai dengan fungsi menejemn meliputi perencanaan pengorganisasian , pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang terlaksana dengan menetapkan visi, misi, dan tujuan program Gerakan Literasi Madrasah. Pengorganisasian yang memberi tanggung dan pembagian tugas pada penanggung jawab, pelakasanaan yang dilakukan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, dan evaluasi yang mana mengkontrol semua aktivitas yang terlaksana. Dan dalam penelitian ini juga menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dalam Program Gerakan Literasi Madrasah di MAN 1 Lamongan.
Downloads
References
Hoesada, Jan, Taksonomi Ilmu Manajemen” (Yogyakarta : Penerbit ANDI, 2013)
Kasiram, Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, (Yogyakarta :2010)
Kern, Ricahard, Literacy and Language Teaching, (Oxport : Oxport University, 2000)
Lexy, J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung : CV. Alfabeta, 2015)
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan